Big Different Betwen Indonesia’s Blog Than Asia, Europe, US Blog

Menulis sesuatu yang sesuai dengan keinginan sang penulis dan dipublikasikan tentunya amat sangat memuaskan sang penulis. Tanpa dibatasi editor yang jahat dan bawel, selalu memotong kata disana sini, menggantinya dengan kata ganti yang diperhalus, kadang tidak boleh ada subyektifitas, itu memang sangat memuaskan. Ketika tulisan yang bisa dibilang kadang nggak penting, hanya untuk memuhi hasrat menulis sampai tulisan yang ilmiah dan berat mendapatkan komentar dari para pembaca, rasanya puas sekali.

Blog, satu kata yang terdengar sangat tidak asing ditelinga dan disanalah tulisan seseorang bisa dibaca, dinikmati oleh orang lain tanpa ada aturan yang membelenggu. Memang ada koran, ada majalah, tapi blog adalah salah satu media special yang tidak bisa dipungkiri sekarang seperti penyakit yang menjangkiti manusia.

Penyakit yang tidak mematikan tapi justru bisa mengembangkan kemampuan tulis kita yang tentunya didukung dengan gambar dan award komen. Siapa sih yang tidak suka ngeblog? Barang kali jawabannya adalah mereka yang malas nulis, tidak tau apa itu blog, bingung mau ngeblog dimana, sedikit pengunjung dan masih banyak alasan lainnya, tapi 100 % saya dan anda pasti suka ngeblog!

Seminggu ini kegemaran saya untuk blogwalking di blogsphere semakin meningkat. Apalagi melihat blog orang luar yang keren-keren, baik dari segi desain maupun isi. Tidak jarang juga saya menemukan blog-blog orang Indonesia baru yang selama ini tidak pernah saya kunjungi tetapi langsung fall in love dengan blognya.

Setelah dilihat-lihat saya baru menyadari bahwa ada beberapa perbedaan mencolok blog orang Indonesia dengan blog orang Asia atau orang negri Barat lainnya. Nah saya coba untuk membandingkan disini sesuai dengan blog-blog yang sempat saya singgahi.

Isi:

Pada blog Indonesia isi suatu postingan selalu didukung dengan foto atau gambar. Isinya lebih banyak pada yaitu sebanyak 80% tulisan dan sisanya gambar atau foto pendukung. Penjelasan pada foto tidak ada kaitannya dengan kelanjutan postingan. Hal ini dipengaruhi karena bandwitch yang mahal dan jaringan internet Indonesia yang super duper lelet!
Blog Asia atau Barat berbeda, postingan mereka merupakan satu kesatuan antara tulisan dan foto. Mereka lebih suka memakai konsep blog foto. Mereka menjelaskan postingan mereka dengan foto dan keterangan foto itu adalah kesatuan inti dari tulisan mereka. Meski kadang atau banyak juga yang ikut style ngeblg orang Indonesia. Tapi banyak para blogger Barat atau Asia yang kelampau berani berpose di foto yang mereka pasang untuk mendukung postingan mereka. Kadang mereka juga terlalu narsis.

Jenis Blog:

 

Blog Indonesia isi bisa lebih pada daily life mereka mulai dari yang penting, lucu, banyol sampai yang tidak penting sekalipun. Tapi saya tidak menyangkal juga kalau banyak yang konsisten terhadap blog mereka mulai dari blog politik, blog organisasi dan jenis blog lainnya. Tapi justru blog agama lah yang saya rasa menghiasi dunia perblogan Indonesia. Buktinya yang sering nongkrong BOTD pasti judulnya menjurus pada agama.

Blog Asia atau blog Barat lebih menekankan pada Daily life mereka. Hampir 80% dari keseluruhan itu merupakan Daily Life. Mereka tidak malu menceritakan Daily Life mereka yang kadang memalukan, atau sekedar menceritakan tentang pet kesayangannya.Tapi sama halnya dengan Blog Indonesia jenis blog lainnya juga menghiasi blog Barat. Blog juga mereka buat sebagai ajang untuk menjual produk mereka atau persuhaan mereka. Meski di Indonesia pun begitu.

Perang Antar Blog:

 

Di blog Indonesia, perang antar blog yang dituliskan dalam postingan baik secara implisit atau eksplisit dan akibatnya mendatangkan komen yang tentunya membakar sumbu kompor yang sudah tersulut api. Tapi masih banyak juga blogger yang blognya hidup secara berdampingan.

Pada blog Barat yang selama ini saya singgahi, saya belum menemukan hal-hal yang bersifat perang di blogsphere baik segi tulisan atau posting.

Kecurigaan:

Saya tidak menemukan kata yang tepat untuk menjelaskan penjelasan saya ini tentang blog seseorang.
Kalau di Indonesia, banyak yang nggak suka (para blogger) kalau blog di isi dengan foto-foto sexy, artikel nggak mutu, artikel copy paste, artikel yang nggak jujur dari dalam hati. Sometimes saya juga begitu. Tapi satu pertanyaan buat anda andalah apakah anda sudah membaca seluruh postingannya dari awal sampai akhir, jangan-jangan anda terkecoh dengan judulnya yang menyerempet?

Kalau di Barat, mereka don’t care tentang itu. Dan amat sangat jarang saya dapati kecurigaan yang mereka tuangkan dalam postingan atau komentar di blog mereka. ( lihat point Jenis Blog ). Mungkin hal ini dipengaruhi sifat mereka yang open minded dan mereka sudah terbiasa dengan hal seperti itu.

 

Ini dia blog fav dari blogwalking saya:

 

kennysia.com

Kennysia.com, blogger from Malaysia. This blog is very famous.

 

tres.jpg

Visit trashthedress this blog talked about wedding photo.

The photos so fabulous.

 

Singapura blogger

 She is so beauty, this blog called Xiaxue. She is very famous blogger in Singapura.

 

Thanks for curryegg to open my mind in make my blogwalking so nicely to visit their blog.

Kalau ada yang tanya blog fav Indonesia saya yang mana, jawabannya adalah ya semua yang pernah saya singgahi😉

 

Menurut RD Lovers perbedaan apa lagi yang ada pada Blog Indonesia dengan blog asal negara lainnya?

Contoh2 blog yang dapat mendukung penjelasan saya diatas sengaja tidak saya cantumkan

Hal ini dikarenakan saya tidak mau menciptakan image buruk bagi blog seseorang. 

37 thoughts on “Big Different Betwen Indonesia’s Blog Than Asia, Europe, US Blog

  1. acel says:

    Hal ini dipengaruhi karena bandwitch yang mahal dan jaringan internet Indonesia yang super duper lelet!

    bandwitch ato bandwith non…
    hehehehhe…
    bandwitch,emangnya penyihir? (witch mean penyihir) hahahahahahha…😆

  2. gimbal says:

    Blog memang telah menjadi semacam virus – candu yg akan membuat kalian betah berlama-lama didepan komputer. Sebuah budaya yg luar biasa. Kita bisa menulisakan apapun yg kita mau tanpa ada intervensi… sharing and discussion.
    Thanks God gw hidup di jaman yg telah mengenal Blog.

  3. PrEtTY iN tHE CiTY says:

    Waaah ganti header ya, Eve? Itu kamu bukan diatas? You’re mysteriously beautiful. *komennya ngga nyambung ya? ;p

    Btw, blog kenny sia nya, linknya kamu salah tulis menjadi kennyasia.com

    Well, kalo aku no comment sih. Yang penting blognya asyik buat dibaca sambil makan cheese cake, ya boleh lah. =)

  4. Jiewa says:

    Kalo foto wedding lo mesti liat http://www.ewphoto.net, fabolous ! *hati2 bandwidth, gambarnya gede2*

    Kalo Xia Xue, dia blogger favoritku sejak dari jaman ga enak haha.. My role model of blogging. Kontroversial, suka misuh2. Tapi itu yg bikin dia populer. Pandai sekali ‘memasarkan’ dirinya.

    Oya, sebenarnya dia ga cantik, tapi fashionable. Pintar make up dan sedikit photoshop, and VOILA.. jadi keliatan cakep deh.

    Sebenarnya saya kenal seorang Indonesian Xia Xue, saya minta dia terjun ke blogging pro, tapi kayaknya dia males.. yah sud..

  5. Ari Wibowo says:

    Klo Blog asal Indonesia, kbanyakan menggunakan Bahasa Indonesia, yang lain ya mengikuti.. Hehehe.. sori, kidding, good topic, tapi gak tau mau komen opo, soalnya jarang bertamu ke negri lain

  6. curryegg says:

    haha… welcome… you’ve made a visit there don’t you? Glad that you enjoy them too…

    Saya memang setuju blog seperti penyakit berjangkit. kekekz….
    Selamat blogging.. ^^

  7. evelyn pratiwi yusuf says:

    @Acel:
    Kamu ini selalu memperhatikan tulisan saya ya. Pindah profesi aja jadi juru ngeliat kalau ada tulisan salah😆

    @Gimbal:
    Aku juga bersyukur kok sudah hidup di jaman blog begini.🙂

    @M:
    Iya, itu aku M, waduh kepalaku membesar dipuji seperti itu😉
    Ya ntar linknya aku benerin ya. Thanks koreksinya :0

    @Jie:
    Bener, kalau bioleh jujur dia nggak cantik. Malah banyak yang lebih cantik. Tapi emang blognya aku suka banget. Dia nggak jain untuk bilang SHIT or FUCk!

    @Ari:
    Makanya bertamu ke blognya orang lain dong, apalagi blog luar. Keren lho. Sekalian bandingin blog kita juga.🙂

    @Curry:
    Basicly i want put you pic of your blog in my blog, but you didn’t reply my permission so i just put your link. Sorry about that.🙂
    Iya blog memang penyakit mematikan buat kita saat ini.🙂

  8. Mihael "D.B." Ellinsworth says:

    Buktinya yang sering nongkrong BOTD pasti judulnya menjurus pada agama.

    Bukan agama saja. Terkadang Bahasan Agama Islam pun sudah menghiasi 60% BOTD Indonesia. Kebanyakan darinya cenderung membahas larangan dan hadits – hadits tentang sesuatu.

    Pada blog Barat yang selama ini saya singgahi, saya belum menemukan hal-hal yang bersifat perang di blogsphere baik segi tulisan atau posting.

    Saat saya mengunjungi artikel “Anime Encourages Murder” dari sebuah blog Internasional di WP, kadangkala ada sekelumit orang yang menentang dengan komentar. Mungkin tidak terlihat karena ada 400-an komentar. Dan lagi, malah ada yang berkomentar dengan ASCII Image.

  9. evelyn pratiwi yusuf says:

    @Pitshu:
    Yup emang bener. Guru EF ku yang bule aja bilang kalau Speedy aja masih amat sangat lambat kalau dibandingin dengan internetnya mereka🙂

    @Mihael:
    Hadits-hadits tentang sesuatu.
    Maksudnya? Aku kok nggak ngerti.
    Tapi saya setuju kalau 60% yang menduduki BOTD emang soal agama Islam.
    Well jujur saya nggak suka tentang postingan agama manapun. Soalnya bagi saya itu lebih baik di imani sendiri aja daripada dibuat postingan.🙂
    ASCII Image itu seperti apa?
    Nggak ngerti juga😆

  10. p4ndu_454kura says:

    Wah, saya belum kepikiran mau membandingkan blog Indonesia ama blog luar negeri. Ternyata perbedaannya banyak juga ya.

    Mereka lebih suka memakai konsep blog foto. Mereka menjelaskan postingan mereka dengan foto dan keterangan foto itu adalah kesatuan inti dari tulisan mereka.

    Wah, apa ga kelamaan tuh kalo dibuka?😕

    Meski kadang atau banyak juga yang ikut style ngeblg orang Indonesia.

    Orang Indonesia lebih menekankan blog itu easy to access atau nggak. Soalnya kecepatan koneksi di Indonesia masih lambat.😉

  11. alex says:

    Ada perbedaan satu lagi, Evelyn: komentar.

    Meski pun bisa jadi komen-komen di blog Indonesia ada yang sekedar singgah, nyamfah atau apalah… Tapi itu menunjukkan blog Indonesia lebih “ramah” dalam kunjung-mengunjungi.

    Coba perhatikan blog-blog luar. Bahkan ada yang ndak pernah memiliki komentar sebiji pun, padahal tulisannya bagus (IMHO).

    Kekuatan blog Indonesia ya pada komunitas begini😉

  12. evelyn pratiwi yusuf says:

    @Pandu:
    Kalau aku blogwalking ke blog orang asing, emang kadang bukanya agak lama meski udah pakai speedy.
    Tapi itulah yang nyebabin orang Indonesia mungkin agak males untuk pakai konsep blog foto.

    @Alex:
    Yup bener, setelah diteliti nie ya, blogger luar amat jarang mau ngasih komen ke blog yang amat sangat baru. Nggak tau alasannya apa. Apa postingannya yang nggak menarik atau apa.🙂 * confused mode on *

  13. khim says:

    ascii image itu gambar yang disusun dari karakter2 ascii seperti huruf, tanda baca, dll. total karakter ascii ada 255 jenis karakter.
    contohnya seperti di sini

    hadits = petuah nabi yang menjadi slah satu sumber hukum Islam

  14. Vie says:

    Orang yg tdk suka nge-blog ya orang yang gak tau caranya nge-blog kali.

    Anyway, thanx for visiting my blog dan ini jawaban dr mall yg dikira kecil dan aneh, itu hanya gambar pintu masuk dari mall tsb. Mallnya mempunyai lebih dari 220 toko besar didalamnya. Ini “lumayan” besar kalau diingat mall ini letaknya diluar kota.

  15. evelyn pratiwi yusuf says:

    @yang males log ini:
    ad-hominem ria
    apa tuh?
    Bingung…🙂

    @Khim:
    Thank atas petunjuknya. Nambah ilmu nih.

    @felix:
    Ya sama sudah mampir juga.🙂

    @ Vie:
    Yup aku setuju ama kamu.🙂

  16. girl says:

    setuju banget dengan perbedaan antara “Isi” blog.
    Kalo blog Indo, aku bilang sih yang paling bagus tetep

    http://indcoup.blogspot.com

    Bahasa Inggrisnya jempolan dan isinya selalu menarik (dan didukung dengan argumen yg kuat)

    try rojaks.blogspot.com, juga terkenal kayak kenny sia!😀

    xiaxue is a…-_-;; ugh. no comment.

  17. evelyn pratiwi yusuf says:

    @benbego:
    Ini mau kasih komen apa promosi blognya ke blogku ya?🙂

    @girl:
    untuk Xiaxue no comment kenapa? She hot?😆

  18. girl says:

    haha. definitely not.
    And I’d bet my last dollar that she looks way better in her photos than in real life.

    temenku yg pernah ketemu bilang dia orang aslinya menyeramkan dan pendek banget. badannya kecil tapi mukanya besar dan panjang abis. udah gitu makeupnya menor bangettttttt.

    dah gitu stylenya fob lagi😦
    dan entrynya sekarang tiap kali rude & inconsiderate.

  19. evelyn pratiwi yusuf says:

    @girl:
    Ya ampun masa segitunya sih?
    kalau aku bilang si emang kayaknya dia lebih cantik di fotonya deh daripada aslinya.
    Efek foto kan emang begitu, tapi kalau aku mah lain.🙂
    Kalau postinganya rude kan emang seperti itu ciri khas blognya/
    Dan karena itulah dia famous lho.🙂

  20. girl says:

    Postingan dia dulu nggak begitu. Aku mengerti kalau seseorang menggunakan blog untuk dijadikan outlet stress dll. Tapi lama-kelamaan, semua yang dia post jadi hal-hal yang sangat obnoxious dan dia menggunakan blognya untuk membenarkan kelakuan dan sifat2nya yang seringkali “salah tempat, salah waktu”. Tapi bukannya mengakuinya, dia malah selalu menyalahkan dunia dan orang lain.

    She is entitled to her own opinions tapi social etiquettes juga eksis supaya orang menjadi civilised dan berguna bagi masyarakat. Dan menurutku, dia tidak punya apa yang diperlukan untuk menjadi orang yang baik karena dari postingannya tercermin jelas kepribadiannya yang sangat selfish (indonya opo yo? haha)

    yah gitu deh. BUT. everyone is entitled to his/her own opinions and on that note, I rest my case. I refuse to read a loser’s senseless bitching all the time.

    my sister read her entries though.:/

  21. Cherry says:

    Your statistical sample is too small to make such bold statement.

    There are great numbers of ‘western’ blog which never touch ‘personal life’ even with 10 feet pole. I am sure it’s impossible to give objective opinion regarding the difference between Indonesia or other blogs since virtually no one has access nor time to analyze gazillion of blogs in the blogosphere.

  22. evelyn pratiwi yusuf says:

    @girl:
    Mungkin kamu nggak seneng dengan stylenya dia dalam ngeblog, tapi kalau kita bicara fungsi blog itu sendiri kan terserah ownernya juga mau diapain blognya.
    Trus kalau ngomongin selera, mungkin selera orang Indonesia dengan orang luar berbeda meski kadang kita sesama orang Timur. Menurut kita itu rude, menurut mereka itu jujur.

    Cherry:
    Yeah you right, i wrote this posting from my experience when i visited in the blogsphere. I explained that!

  23. girl says:

    haha..ya..emang semuanya relatif sih..tergantung selera masing masing.
    but to be fair, your last statement is wrong.
    soalnya ini bukan karena timur ato barat kok, i grew up in Singapore dan seniors dari high schoolku banyak yg kenal dia (in fact,i think they are her best friends -_-;; soalnya tiap kali foto2 mereka terus..bukan temen xx sendiri dari sekolahnya)

  24. uwie says:

    Blog luar blog indonesia sama aja kok😀. “Perang” juga sering di blog luar, kok. Terutama kalu udah soal profesi, kek desain web harus pake standar dll. Makanya ngeblog asik, karna pasti ada yang ga setuju kalu yang dibahas udah nyenggol-nyenggol masalah selera😀. Malah blog fave saya itu blog perusahaan luar (tempat hosting saya :P) blog.dreamhost.com. Postingan dan komentar di sana asli pada ngaco.

  25. evelyn pratiwi yusuf says:

    @Girl:
    Kamu cowok apa cewek ya?
    I try to found your identity in your blog but i couldn’t found🙂
    Oh ya statement ku yang salah yang mana ya?
    Apa yang rude itu ya?🙂
    Well sayang ya blogmu komentarnya nggak dion🙂
    You grew up in Singapura tapi kok bisa bahasa Indo?🙂

    @uwie:
    Oh ya ampe segitunya ya tentang desain blog mereka?
    Waduh kalau sampai blogger luar dateng liat desainku, keliatannya kok biasa banget ya?

  26. girl says:

    lho. kan namaku “girl”..ya pastinya cewe dong..:)

    “Trus kalau ngomongin selera, mungkin selera orang Indonesia dengan orang luar berbeda meski kadang kita sesama orang Timur. ”
    temen2ku orang Singapur juga banyak yg ga tahan sama senseless bitching.^^;; orang indonesia, orang dari mana saja, yang namanya basic netiquettes and rational thinking kan sama.😀

    komentarnya dah di-on..dulu blom di ganti soalnya aku pake French preface..kadang mesti pikir sebelom uncheck atau ganti apapun. -_-;; hohoho.

    aku orang Indo, tentunya bisa bahasa Indo. 8)

  27. evelyn pratiwi yusuf says:

    @Girl:
    Okeh deh, i know what you want.
    Aku mau komen di blogmu susah, padahal ada yang okeh buat di komenin.
    Buka dong jalur komennya biar seru.
    Nggak kepengen nie untuk di komenin?😉

  28. girl says:

    haha..udah diganti kok setting komentarnya, abis temen2 juga complain -_-;;

    oh yah, kamu jurusan Communications bahasa Indo atau English?😀
    I can help you with English grammar~ hehehe.

  29. evelyn pratiwi yusuf says:

    @Girl:
    Iya, ntar aku mampir sana.
    Aku jurusan komunikasi tapi ya tetep pakai bahasa Indo, tapi kalau literatur ya pakai bahasa Inggris.
    Some assignment pakai bahasa Inggris.
    Better if you can help me😆
    Thank for your support🙂

  30. justctrlz says:

    duh si XX itu??
    ada petisinya lo dia tuh harus diban.. saking rasis,bego.. memalukan s’pore..
    gue aja heran apa sih yg menarik dari blog dia.. nggak berguna dan waste of byte….. sifat sombong dan pandir dia.. liat aja deh entry dia yg komplein ke bintan resort.. sangat2 memalukan dan nggak professional..
    kehidupan sehari2nya yg gag penting ditulis dalam blog apa untungnya sih dibaca…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s