Museum Keraton Sumenep, Madura

Nah postingan kali ini cuman mau ngelanjutin postingan tentang liburan aku sama Acel di Madura. Kita sudah ngomongin pantai, sudah ngomongin sate lalat sekarang kita ngomongin masalah Museum!

Pintu Gerbang Museum


Ya..di kota Sumenep, Madura terdapat keraton yang merupakan salah satu bagian dari museum yang ada di Sumenep ini. Museum ini hanya terdapat di kota Sumenep, karena pusat pemerintahan Madura dulunya berada di kota ini.

Museum

Nama Keraton yang merupakan bagian dari komplek museum ini adalah Keraton Panembahan Sumolo yang dibangun pada tahun 1762 M yang terdiri dari Bangunan Induk Keraton, Taman Sare, dan Labang Mesem.

Pendopo

Nah dimuseum ini kamu bisa nemuin segala sesuatu yang berhubungan dengan keraton Sumenep! Ada meriam lama, ada baju tradisional khas Sumenep yang dipake sama Pangeran dan Putri Sumenep, ada kamar tidur Raja Sumenep yang nggak boleh di masukin sama pengunjung dan masih banyak lagi yang laen. Mending kalian dateng aja sendiri deh.

Kursi pendopo

Tiket masuknya nggak mahal cuman Rp5000 aja dan kamu mendapatkan tur langsung dari petugas yang ada. Di museum ini kamu juga bisa menyaksikan pemandian para putri kerajaan keraton Sumenep ini. Dulunya pemandian ini dibuka untuk umum dan orang-orang bisa berendam tapi entah kenapa sekarang ditutup dan dijadikan kolam ikan.

Kolam Putri

Seperti biasa setelah muter-muter museum diriku dan Acel foto-foto. Meski sering ke museum ini aku tetep aja kagak bosen. Hahahahahahahahaha

Di pendopo kolam pemandian putri

13 thoughts on “Museum Keraton Sumenep, Madura

    • evelynpy says:

      @Jie:
      kan udah nemu tapi ternyata prince of Surabaya😉

      @ibnu:
      Lho ada….namanya dulu di Sumenep pusat pemerintahan Madura.😉
      Ayo kunjungin buat support visit Indonesia

  1. naki says:

    foto2 lo-nya kog cuma 1 ? kurangggg😀
    yang pemandian itu sayang banget dipake buat kolam ikan , apa karna dulu pengujungnya pada jOrok kali yee , jadinya ditutup

    • evelynpy says:

      @Devita:
      Hahahahaha namanya juga kolam mandi putri..jadi kudu besar….biar plong😆

      @Naki:
      Sebenernya banyak banget foto aku, ntar deh aku masukin di Flickr…kalau di masukin di blog bisa2 banyak RedDevil Lovers yang misuh2 soalnya bukanya pada berat😉

    • anti says:

      emg km gak tw y lo’ airx tuch bikin awet muda???selain itu jg bisa nambah rejeki,,, menurut aq, rugi banget org2 yg belum pernah ngunjungi keraton sumenep,!

  2. Hidayatur Rahman says:

    madura punya musium letaknya
    dikabupaten paling ujung yaitu di sumenep?
    musium sumenep sngat bagus rugi klo
    gk dteng ke sumenep?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s