Diagnosa alasan para Housemaid

facebook

Bagi para housemaid Idul Fitri *tidak bermaksud menjelek-jelekkan hari raya Idul Fitri* merupakan saat yang tepat untuk tidak kembali bekerja pada majikan. Ada berbagai alasan mengapa para housemaid tidak kembali bekerja.

Alasan dibawah ini saya ambil dari status facebook saya tempo hari:ย  mengenai kejengkelan saya akan housemaid yang selalu saja tidak kembali saat Idul Fitri tiba, moga-moga alasan ini berguna bagi anda yang sering terkesan “gonta-ganti” housemaid padahal belum tentu anda penyebabnya:

1. Dijodohkan orang tua
2. Orang tua lagi sakit
3. Eyangnya udah sekarat
4. Anaknya mau nikah
5. Anaknya mau melahirkan… Read More
6. Anaknya jadi TKW dan cucunya tidak aja yang jagain
7. Ngurus perceraian
8. Ngurus harta gono gini
9. Cucu mau sunatan
10. You make your own excuse lah


Ada alasan lain lagi yang mengena buat saya yakni:

Gajie kurang lin

Tapi………. masih ada alasan lagi yang memang masih masuk diakal:

Hahahahaha balada majikan di hari nan fitri sayyy…
Jaman skg tu para pembantu pd nglamak2 kbh..kerja dkt2 lebaran biar dpt thr..dah dpt mls kerja..ntar kl dah duite hbs,br kerja lagi..laguuu lama ws…

Berikut saya berikan cara mendiagnosa untuk mengetahui gelagat sang Housemaid yang sudah tidak betah di rumah kita *kalau ada yang kurang, silahkan menambahi di kolom komentar*:

a. Dua minggu sebelum dia pulang atau ingin keluar housemaid pasti melakukan kesalahan yang terkesan disengaja. Misalnya sudah diberitahu untuk tidak memasak sop, besok tetap memasak sop, besoknya lagi melakukan hal yang sama yang sudah dilarang. Efeknya, emosi sang majikan akan terpancing dan ta…ta….dia akan beralasan keluar dengan alasan majikan jahat.

b. Jangan keburu yakin dengan apa yang dijanjikan oleh housemaid saat mereka menyatakan dengan sangat sungguh-sungguh untuk tetap kembali setelah Idul Fitri. Biasanya itu justru tanda yang paling kelihatan bahwa sebenarnya dia tidak akan pernah kembali.

c.
Periksa pekerjaannya, periksa juga kamarnya. Bukan bermaksud sok kuasa atau apa tapi ini memang berguna. Lihat apakah dia membawa semua pakaiannya atau ada sebagian yang ditinggal. Kalau dia membawa semua pakaiannya, pasti setelah Idul Fitri dia tidak akan kembali.

d. Lihat apakah dia sering ngerumpi atau menggosip dengan para housemaid di komplek perumahan kita. Kalau sering…hati-hati justru darisanalah mereka akan diajarkan bagaimana cara keluar dengan alasan2 yang sudah saya berikan di atas.

e.
Lihat perubahan sikap yang terjadi setiap harinya. Terkadang sanak saudara telpon mengabarkan kalau kakeknya, neneknya, sepupunya atau siapanya lah meninggal tapi si housemaid tetap bisa tertawa…nah itu tanda-tanda.

sisanya anda saja deh yang membantu saya…mungkin anda lebih berpengalaman daripada saya untuk mendiagnosa gejala-gejala seperti diatas.๐Ÿ˜‰

21 thoughts on “Diagnosa alasan para Housemaid

  1. zee says:

    heuhueee…….
    wah memang begitu penyakit pas lebaran. kita ga bisa selidikit benar pa gak kan, krn bisa aja benar, dan momennya pas pula lebaran.
    ini bedinde di rumah jg ga kembali lagi, tp syukurnya da dapat yang baru lagi…….๐Ÿ™‚

    • evelynpy says:

      saya juga sudah dapat yang baru…kadang itu mah ulah sang makelar biar dia dapat uang muka lagi..kadang si makelar sendiri yang menciptakan alasan buat mereka supaya tidak kembali

  2. Ndre says:

    alhamdulillah PRT di keluarga gw gak ada yg spt itu.. ada yg udah kerja dr th 83, ada yg kerja dr bujangan sampe nikah, terus anaknya udah mau nikah. Ada juga yg udah 3 tahun. Kagum ama nyokap gmana me-manage mereka kok bisa pada betah kerja dikeluarga gw. Kuncinya adl jangan anggap mereka sbg pembantu/Pesuruh, anggap mereka sbg bagian dr keluarga kt, yg tanpa mereka keluarga kt gak akan berjalan semestinya.

    Banyak faktor yg hrs kt penuhin. Selain gaji yg bagus, linkungan kerja yg nymana juga hal yg penting. Mereka dpt gaji 800rb/bulan, tapi sering dibentak2, dimarahin.. ngapain juga mereka kudu betah?? Membangun komunikasi, berusaha untuk ber-simpati lebih dlm trhadap keadaan mereka dan membawa mereka merasakan keadaan yg kita punya.

    Silaturahmi ke keluarga mereka, bawain oleh2.. undang mereka kalo keluarga kita lagi ada acara. Bangun suasana kekeluargaan. Berikan mereka kesempatan untuk sekedar mencicipi apa itu McD, apa itu J.CO, apa itu Roti Boy, apa itu Pizza Hut, apa itu waterboom – keindahan liburan.

    Dan ternyata acara sinteron2 di TV2 itu gak sepenuhnya negative.. ada hikmahnya juga. Krn nyokap membangun komunikasi dgn mereka ketika sedang asyik nonton bareng acara sinteron. Argh… mereka lebih mirip Ibu2 arisan yg sedang negrumpi.

    [sorry kalo komen-nya kepanjangan.. :)]

    • evelynpy says:

      semua sudah kulakukan….bahkan kalau ke mall seringkali duduk satu meja dengan pembantu saya… jangankan mc.d….makanan yang lebih mahalpun dia sudah mencicipi kok….
      untuk membentak saya tidak pernah melakukan hal itu…
      dia mau lihat tv pun saya perbolehkan…apalagi dia hanya melayani saya seorang…
      hpnya di ambil sama orang…saya yang urus meski dia yang ceroboh…

      sebagai majikan kurang apa coba?๐Ÿ˜ฆ

  3. Angel says:

    my young maid quits this year. mbak gw ini tuh rada2 bodoh (tpi rajin sih dia, sampe terakhir keluar jga masih rajin). dia kayak “boneka” saudaranya. Sodaranya ini yg jahat, suka mintain duit, mba gw orangnya ga bisa nolak. udah kitab nasihatin supaya jangan kasih ke sodaranya, eh tetep aja ngasih.

    trus dia keluar gara2 sodaranya jga. Alesan yg dikarang sodaranya adalah “gajinya ga naik2” padahal nyokap mau naikin gaji dia pas bulan ini, which is setelah lebaran donk gajian. tanggal 28an gitu. eh dia ngancem “klo ibu ngga naikin gaji saya keluar”

    kita udah mencium sesuatu yg ga beres, soalnya nih anak masih kecil. ga mungkin bisa ngomong gitu. setelah diselidiki … Sodaranya abis lebaran ini ngga tinggal deket rumah gw lagi, jadi mba disuruh pindah deket dia (maybe biar sodaranya ini gampang klo mo minta duit) atau tetep kerja ma kita tpi minta naikin gaji.

    Sodaranya ini lagi hamil. so pasti dia butuh duit kan klo mo punya anak. ga kerja juga sodaranya ini. males. pengen g gaplok tuh sodaranya. gemes juga liat mbak gw mau dibodoh2in gitu.

    yak..begitu alesan si mba yg keluar taon ini๐Ÿ˜€
    jadi curhat colongan gini :)) hehehe

    • evelynpy says:

      repot memang kalau pembantu itu dipengaruhi saudara or tetangga…
      kisah pembantumu hampir sama dengan aku…dia jadi atm keluarga…orangnya bodoh cuman ya rajin membersihkan meskipun ga bisa masak.
      dia mudah terpengaruh sama pembantu komplek..alhasil dia dijadikan barang jualan dengan iming2 gaji yang tinggi oleh para pembantu yang lain. jadinya entah sekarang dia dijual di mana

  4. Oridusartic says:

    Fuh mbak gw secara mengejutkan balik kerja lagi setelah lebaran.๐Ÿ˜€ Malahan baliknya lebih cepet dari yang dia janjiin. Entahlah mungkin perjodohan di kampungnya batal ato gimana. Ya iyalah mbak, masih muda juga – jangan cepet-cepet kawin duluuuu

    Harusnya gw gelarin karpet merah ya di depan pagar buat menyambut kedatangan. ^^ BTW thanks Eve, diagnosanya berguna.

    • evelynpy says:

      hoki lu…bersyukur punya pembantu yang cepet balik. sekarang ini pembantu ortuku yang dimadura belum balik2 alasannya dia sakit demam berdarah tapi aku deteksi kayaknya dia sudah janjian sama pembantu aku yang di surabaya untuk kerja di tempat lain

Leave a Reply

