Ketipu belanja sepatu via online!

Sepatu yang aku order beda jauh dengan foto…

Sudah beberapa kali temen aku nawarin untuk belanja online. Sudah beberapa kali juga kepengen mencoba belanja via online apalagi sekarang butik-butik online yang ada di friendster hengkang ke facebook.

Akhirnya….

Keberanian untuk belanja online datang juga setalah sekian lama bergumul dalam hati. Aku dan kedua sahabat dekat aku memutuskan untuk membeli sepasang sepatu di butik dengan nama Mii Marionate. Butik ini khusus membuat sepatu wanita, foto-foto yang ditampilkanpun sangat mencuri hati dan harganya jelas miring. Keunikan butik ini adalah dia mau berepot-repot ria untuk mengubah sepatu yang akan kita beli baik dari segi  bahan sampai hak.

Aku cukup membeli satu saja sebagai uji coba pengalaman pertama belanja via online. Kedua temanku membeli masing-masing tiga. Jadi totalnya tujuh. Lalu U2ng, mengsms si pemilik tipe sepatu yang akan kami beli dan request ukuran dan hak. Tak lupa juga DP yang lebih dari lima ratus ribu rupiah kami kirimkan. Menurut pemilik kami akan mendapatkan bulan ini sebulan dari tanggal pemesanan yakni bulan April.

Lalu…

Tibalah waktu yang ditunggu-tunggu yakni bulan Mei…Seharusnya bulan ini sepatu kami sudah tiba dan sudah dipakai begaya di mall. Tapi…rupanya nasib berkata lain. Facebook dari butik ini entah mengapa semua foto-foto sepatunya langsung tidak ada alias dihapus oleh sang pemilik. Lalu ketika U2ng meng-sms pemiliik dan menanyakan sepatu kami tidak ada tanggapan.

Sepatu yang dipesan u2ung yang tidak sesuai dengan gambar dan modelnya

Mungkin karena banyaknya yang complain sang pemilik sempat menulis di wall bahwa dia overorder jadi kelabakan buat bikin. Maklum dia bikin sendiri bukan mendatangkan langsung jadi. Kita disuruh bersabar.

Ok bersabar…

Tapi yang mencurigakan adalah setelah pemberitauan via wall itu, aku dan temen2 aku meng sms pemilik butik online tapi tetap tidak ada tanggapan, foto-foto satu persatu pada di hapus, dan diganti menjadi foto aksesoris.

Pemilik butik yang biasanya setiap hari update semenjak masalah ini tidak pernah update! Menghilang ditelan keganasan dunia maya!


Sepatu siapakah ini….tidak ada satu orang pun dari kai bertiga yang memesan sepatu ini!

Setiap di sms tidak di balas…di wall tidak pernah ada konfirmasi lagi…hati ini langsung sesak mengingat uang muka yang sudah disetorkan.

Tidak hanya saya dan temen deket saya yang menjadi korban. Kebetulan ada temen sekampus juga yang mengalami hal yang sama dan kami sama-sama menyimpulkan bahwa kami ditipu!!!

Sudah berpasrah dan mengiklaskan hati dengan uang dp yang hilang eh…si pemilik butik muncul dengan santainya dan mentag foto-foto sepatu kami yang sudah di bikin di facebook u2ung. Kagetnya minta ampun setelah melihat foto-foto tersebut.

Pertama: hasilnya berbeda 100 persen dari apa yang dijadikan foto waktu promo. Di foto sempurna…halus…eh hasilnya kacau!!!!!! Jeleknya minta ampun.

Kedua: ternyata tidak semua pesanan dibikin, ada beberapa pesanan yang tidak tahu alasannya dia tidak membuat dan membatalkan secara sepihak tanpa pemberitauan apa2.

Ketiga: sepatu-sepatu yang di tag di facebooknya u2ung ternyata tidak sesuai pesanan! Jadi kita pesennya A eh dia bikin yang B.

Akhirnya jalan damai dipilih…yakni ya sudah kirimkan sepatunya dulu baru kami bayar sisanya.. kita bertindak seperti itu karena kita tidak mau ditipu lagi! Tapi dia tidak mau!!!!

Temen aku juga sudah pada bt dan dah nggak mau sepatu2 itu dikirim karena tidak merasa memesan sepatu itu. Hilang deh uangnya….

Kapok buat belanja online lagi!!!

43 thoughts on “Ketipu belanja sepatu via online!

  1. itikkecil says:

    memang harus berhati-hati kalau memesan barang secara online…
    saya juga pernah punya pengalaman tidak enak dengan salah satu toko buku online di sini…. uang saya baru dikembalikan setelah hampir enam bulan karena barang yang saya pesan gak ada….

    • evelynpy says:

      @fenty: waduh kalau masalah komplain mah jangan ditanya…sudah ratusan kali buk….dan parahnya si pemilik butik merasa nggak ada apa2…

      @acel: iya….pengalaman pertama begitu tidak menggoda selanjutnya kapok dah…

      @Detx: yup…next time kudu lebih ati2

      @Ndre: iya saran yang bagus… aku percaya sama nie butik soalnya dia punya FS ternyata…itu semua nggak menjamin.

      @u-ung: iya…kecil2 sudah nipu…gimana mau gede ntar!!!

      @itikkecil: wakakakaka saya minta uang kita kembali…dia malah sok ga tau…akhirnya dia putusin sendiri barangnya dikirim ke kita dan kita disuruh ngelunasin. Padahal sudah dibilang barang2 itu tidak sesuai dengan pesanan kita, sudah beda kode, hasilnya tidak sesuai dengan contoh pula…masa kita yang harus bertanggung jawab?😦

      @isyaratpena: pelajaran buat aku banget…😦

  2. brillie says:

    jangan begitu, mungkin saat itu anda lagi apes aja. rawan memang sich belanja di toko2 online gak jelas, saran saya.. belanja di toko online yg mempunyai website resmi.

  3. titiw says:

    WADUH!! Males banget dong eve!! ih!! aku aja baca postingan ini keselnya bukan main!! Mending emang kalo belanja online tuh browse2 yg lama dulu sampe banyak testi yg positif dari banyak orang. Duh.. mana aku lagi pesen batre online.. jadi worry nih.. huhuhu.. btw turut berduka cita ya eve..

  4. Casual Cutie says:

    memang ada sebagian toko online yang seperti itu, tapi sebagian lagi mereka sangat professional. jadi sebagai konsumen, kita harus pintar2 memilih toko mana yang bisa dipercaya.

    • evelynpy says:

      @casualcutie:
      yup…next time kudu pinter milih dan ga gampang percaya ^^

      @titiw:
      iya amat sangat berduka cita…nanti bakal ada kisah kelanjutannya dari perkembangan masalah ini …tungguin ya😉

      @brillie:
      setubuh!!!!!!!!!!!!!!!😀

  5. Meda says:

    wah, dikomplen dong jangan dibiarin. mana duitnya ga sedikit lagi. duh, aku jg pernah punya pengalaman kayak gini. cuma waktu itu aku masih agak mendingan deh. model persis sama cuma .. aduh, bahannya itu lho. ga sesuai dengan kriteria yang dia promosiin di website (waktu itu aku pesen lewat multiply). udah deh, semenjak itu aku agak hati2 belanja online. biasanya aku cari tau dulu, mereka buka counter ga, atau sekedar online shooping🙂

    yah pengalaman … next time halal aja belanja online. tapi emang kita mesti pny trik2 khusus biar ga ketipu. take care dear!

    • evelynpy says:

      @meda:
      aku memang kudu dan ekstra hati..hati..sudah aku minta uang dpnya eh dianya malah sok ga ada apa2…kemarahan kami tidak ada tanggapan..
      nie malah barangnya mau dikirim..ntar kita liat kelanjutannya

  6. Oridusartic says:

    Wah kalo aku dulu kenanya pas belanja kaos online. Yang di gambar keliatannya keren, eh pas dah sampe hasilnya beda jauh sama yang di gambar. Terutama dari segi kualitas sablon dan kualitas bahan kaosnya juga. Kecewa deh pokoknya.

    Emang rada horor kalo belanja online. Mending ke tokonya langsung. Bisa shopping dengan berlandaskan slogan Napoleon: I come, I see, I conquer! *PLAK* Hehehehe =D

  7. Sheilla says:

    Waduh kasihan banget kamu baru pertama kali blanja online udah dapet pengalaman nggak enak. Selama ini aku sering blanja online, untungnya semua jujur2 sellernya (sebelum beli pasti aku review dulu isi testi or komen dari previous buyer).

    Klo ternyata barang yg dibeli kualitas-nya nggak seperti ekspektasi kita, yah itulah resikonya dari blanja online (makanya jgn pernah beli lgsg banyak klo baru pertama kali blanja di satu toko – beli satu dulu abis itu klo puas baru jadi langganan), klo nggak siap dengan resiko itu memang lebih cocok belanja offline aja say…

    • evelynpy says:

      @sheila:
      iya……………salah gue…salah gue ketipu sama yang namanya foto sepatu yang heboh punya😦 *crying….
      Tapi emang enak ya belanja offline…

      @Eric:
      wahahaha….bener kan…welek…

      @ori:
      Slogannya mantap love it!!!!!!!!!!!!😀

  8. Budi Hermanto says:

    Hmm..
    Kalo mau blanja online..
    Ada baiknya sama toko online..
    Yg udah teruji..
    Banyak direferensikan orang..
    Ya macem amazon ato ebay aja skalian..
    Hehehe..
    Sabar ya ce..😀

  9. nindy says:

    nah ini salah satu yang bikin saya kapok belanja online yg pake sistem pre-order….
    pernah sekali, hasilnya beda sm di foto yg mereka pasang
    (=____=”)

  10. zee says:

    Belanja online memang sering begitu, hasilnya sering gak sebagus keliatannya, apalagi klo judulnya pesan sepatu sesuai yg dimau, pasti susah ya krn ga ukur langsung. Klo saya, pernah kecewa wkt beli dompet, dompetnya jelek banged, jahitannya ada yg lepas. Tp yg lain2 sih ga pernah ada masalah, kyk beli baju anak atau beli popok, ini sih enggak ya, mgkn krn udah ketauan kualitasnya kayak apa.

    Dia itu mendingan di-blacklist aja, laporkan ke fb bahwa tu orang sudah melakukan pelanggaran etiket. Biar dia kena. Yg bener aja, sesukanya ganti2 model sepatu. Klo emg g ada ya balikin duitnya dong, lbh fair begitu kan..

  11. naki says:

    iya tuh , kayanya kalo mau beli gitu kudu gugel2 dulu , liat reviewnya bagus ato engga . tapi kalo gw pribadi sihh juga blum brani buat beli2 onlen . tenks for the info🙂

  12. pitshu says:

    kenapa enggak sama, karena gambar yang di pajang di FS atau di FB itu asli dari majalah fashion china or korea, kemudian barang itu di buat tiruannya di china hasil na emang jauh, dari bahan, size, dll
    soalnya ada beberapa temen yang beli via online hasilnya emang enggak sama😀

  13. juliettehasagun says:

    kalau sepatu emang serem, ya….. sampai sekarang saya belum berani pesan sepatu (dan tas!) via online. takut salah. Kalau baju2 korea gitu emang kudu ati-ati milih seller. ada yang jujur kalau sebenarnya itu chinese, ada juga yang gak. saya pribadi sudah rada males ma baju2 korea gitu.

    yang bagus sih dilihat2 dulu testimoninya sama tanya2 ke taman2, udah ada yang pernah belanja di tempat itu belum. pengalaman saya (alhamdulillah) teman gak penah (belum pernah) nyesatin saya.😀

  14. zam says:

    kalo menurutku, belanja online yang “aman” di mana kita bisa tidak kecewa adalah toko yg menjual barang yang bisa “diketahui” tanpa perlu megang langsung (bisa diketahui dari spek yg diberikan).

    contoh barang-barang itu: buku, CD/DVD, kaos, sepatu, elektronik, dsb.

    soal craft begini, emang agak susah ya.. saranku sih, mending beli barang jadi. terus, pastikan juga si penjual memberikan alamat lengkap. kalo cuma nomer HP, bisa ganti dan kabur dengan mudah!

    lain kali hati-hati aja🙂

    • evelynpy says:

      @Sylvia:
      pakai tranfer uang…disini nggak rame pake credit card or paypal masih dalam standar yang minim yaitu pakai tranfer melalui atm😀 dan kalo nggak sesuai yang hilanglah uang kita

  15. ai says:

    untung selama ini belanja online aman2 saja
    Mesti di cek dulu kebenarnya shop tersebut, comment2 nya atau google kalau2 ada masalah ama shop online tersebut…

    semoga nggak kapok blanja online… kalok gw sih kapok di dompet hahahah

    rekomend kalok sepatu di wondershoe.com and belanjasepatu.com
    belum pernah dikecewakan sih ^^ tas: akusukatas.com shawl cottoninl.blogspot.com

    Happy shopping everyone *jadi promosi* :DD

  16. KENCANA says:

    Saya beberapa kali melakukan transaksi pembelian online, semua terealisasi dengan baik (barang datang sesuai dengan permintaan & bisa mendapatkan harga barang lebih murah dari dipasaran)
    Pernah suatu kali transaksi dengan nominal barang hampir 2 juta (untuk satu barang), disuatu situs komunitas..kenapa saya berani memutuskan hal tersebut?
    1. karena saya baca testimonal dari para buyer sebelum2nya (testimoni kepuasan para buyer dan banyak yg memberi predikat positif)
    2. penjual barang juga turut aktif membalas testimoni2 dari para calon2 buyer/peminat
    3. bukan pemain baru (coba lihat testimoni awal, sudah sejak kapankah dia berdagang & seberapa banyak testimoni yg masuk)
    4. jangan terbujuk produk replika (tiruan dari barang asli, kalau mau transaksi barang ini cobalah dulu dg nominal yg tak terlalu besar) & pilah-pilih terhadap barang pre-order.
    5. kalau nominal barang sangat besar, pastikan alamat pedagang, email, nomor telepon (coba telepon/sms, kalau dia rajin menjawab meski cuma sekedar bertanya..patut diberi poin ^^)
    6. kalau ragu2, belilah barang hanya pada toko online terpercaya & memiliki nama yang memang benar-benar memiliki toko asli tidak hanya diranah daring/dunia maya..
    (sehingga bisa komplain, apabila barang yg dikirim tdk sesuai pesanan)

    nb: sayapun juga pernah sekali tertipu, meski hanya berupa barang dg nominal puluhan ribu namun barang tsb tidak segera dikirim alias hanya rupa-rupa janji lewat email (diminta menunggu sekian waktu). Tanpa panjang lebar, pedagang tersebut saya beri ancaman tentang pelaporan perihal jual-beli ini & alamat situs tersebut (karena dia buka situs dagang online berbayar (bukan gratis seperti facebook, friendster) tidak lama kemudian pedagang tsb mengembalikan uang sesuai waktu yg saya tentukan🙂

    Sekian tips, pengalaman dari saya..
    semoga bisa membantu…

    (Ardjuna)

  17. feisal rahmady says:

    sbenernya kita punya cyber crime..itu adalah polisi dunia maya..jadi kalo kita bisa laporkan tindakan penipuan, dll…hanya saja mesti ada bukti yang jelas. makanya kalo bisa dalam setiap transaksi jual-beli online, dibuat perjanjian ijab qobul sebelum melakukan transaksi. meskipun sifatnya online, tapi itu bisa jadi bukti kuat jika anda merasa tidak puas. ada undang-undangnya juga..jadi sebenarnya hal seperti ini sudah seharusnya kita sebagai konsumen yang aware terhadap hukum e-commerce. Pemerintah juga bego sih, ga di publish secara umum…lebih aman beli di kaskus, atau blog/situs yang jelas identitasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s