Kok tulisan blog ini dibajak!

Tahun baru harusnya malah senang, tapi tidak dengan saya!!! Tanggal 01.01.09 tidak saya rasakan dengan bahagia malah saya rasakan dengan marah besar!

Iseng-iseng mencari website yang ada hubungannya dengan Madura membawa saya kepada maduraexplore.com.  Setelah membaca beberapa beritanya, saya iseng mengklik file kuliner dan menemukan posting yang berjudul Kalsot Sumenep!

Marah, kecewa dan tidak menyangka hari pertama tahun baru saya sudah rusak akibat keteledoran dari maduraexplore.com dalam membuat artikel yang sama persis dengan apa yang saya tulis tahun lalu pada bulan Januari 2008.

Tulisan itu berjudul Mau Tau Makanan Khas Madura?! diBAJAK BEGITU SAJA oleh Maduraexplore.com dengan judul KALSOT MADURA yang diposting tanggal 27 April 2008 tanpa sepengtahuan dan seijin dari saya!

Parahnya lagi, pembajakan ini bersifat profesional, foto dari blog saya di thumbnail dan tidak dipasang besar2, coba anda klik, anda tidak akan bisa melakukannya, karena foto tersebut sudah saya beri alamat blog saya, tapi kenapa foto itu masih saja dipakai?!

Openingnya dirubah..lalu beberapa isinya juga dirubah..sudahlah anda bandingkan sendiri saja lah! Ini saya kasih linknya…punya saya punya pembajak saya

Sebagai langkah pertama saya kirimkan email kepada maduraexplore.com, berikut isi email saya:

Tanggal 01.01.09 pukul 20.11 malam, saya berkunjung ke website maduraexplore.com, website yang berkapasitas dan berkualitas dalam penyampaian segala sesuatu mengenai Madura.

Tapi…bukan main terkejut dan kecewa serta marah ketika tulisan saya dan foto dari blog saya yang sebelumnya sudah di posting di blog saya yakni:


MAU TAU MAKANAN KHAS MADURA?
https://evelynpy.wordpress.com/2008/01/12/mau-tau-makanan-khas-madura/
POSTING TERTANGGAL:
12 JANUARI 2008
PUKUL:
1.31 PM


hadir di salah satu page situs yang berkualitas baik dalam isi maupun informasi yaitu maduraexplore.com dengan judul yang berbeda, opening yang berbeda, namun 50% isinya sama persis dan foto juga sama persis dengan artikel yang berjudul:

KALSOT SUMENEP
http://maduraexplore.com/warna-madura/kuliner/kalsot-sumenep.html
POSTING TERTANGGAL:
MINGGU 27 APRIL 2008
PENULIS:
SESEORANG YANG BERNAMA NITA!

Saya sebagai penulis asli merasa amat sangat kecewa terhadap apa yang dilakukan oleh maduraexplore.com dengan tidak menyaring bahkan tidak memperhatikan foto yang sudah jelas terdapat alamat blog saya.

Meskipun evelynpy.wordpress.com hanya blog personal namun apa yang saya tulis sebagai salah satu posting yang juga mengangkat nama baik Madura merupakan hak saya sepenuhnya dan saya jelas tidak terima bila diubah, digubah atau apapun namanya tanpa seijin dari saya sebelumnya baik melalui email, atau meninggalkan komen di blog saya atau informasi dan persetujuan resmi dari saya selaku penulis artikel dengan judul MAU TAU MAKANAN KHAS MADURA yang mendadak berubah dengan judul KALSOT SUMENEP!

Saya EVELYN PRATIWI YUSUF, SELAKU PEMILIK DARI https://evelynpy.wordpress.com/
MEMINTA DENGAN TEGAS KEPADA WEBISTE MADURAEXPLORE.COM DALAM KURUN WAKTU SATU MINGGU DIMULAI PADA TANGGAL DIKIRIMNYA EMAIL INI YAITU 1 JANUARI 2009 PUKUL 20.40 HINGGA RABU, 7 JANUARI 2009 PUKUL 20.40 UNTUK MENGAHAPUS ARTIKEL TERSEBUT DAN MENGGANTIKANNYA DENGAN ARTIKEL YANG ASLI SESUAI DENGAN APA YANG SAYA TULIS
ATAU
MENCANTUMKAN LINK SAYA YAITU
https://evelynpy.wordpress.com/2008/01/12/mau-tau-makanan-khas-madura/
ATAU LINK BLOG SAYA YAITU:
https://evelynpy.wordpress.com/
PADA ARTIKEL YANG BERJUDUL KALSOT SUMENEP DAN MEMINTA IZIN APABILA TULISAN LAIN DARI BLOG SAYA AKAN DITAMPILKAN DI WEBSITE INI.

APABILA APA YANG SAYA INGINKAN TIDAK MENDAPATKAN TANGGAPAN
MAKA SAYA EVELYN PRATIWI YUSUF SELAKU PEMILIK BLOG INI MEMBAWA HAL INI KEDALAM JALUR HUKUM
BIARKANLAH HUKUM YANG BERTINDAK ATAS SEGALA BENTUK PELANGGARAN YANG TERJADI BAIK DI DUNIA NYATA MAUPUN DUNIA INTERNET.

TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA

31 thoughts on “Kok tulisan blog ini dibajak!

  1. fahmi! says:

    turut prihatin atas kasus pembajakan ini. mestinya maduraexplore malu mempublikasikan artikel bajakan pada media online, yg sumbernya juga dari media online. ini menunjukkan betapa bodohnya jurnalis/redaksinya.

    saran buat evelyn, mungkin boleh mempertimbangkan untuk nambah halaman disclaimer di blog red devil. sekedar salah satu upaya melindungi hak cipta tulisan/foto kamu (mengikuti aturan creative commons attribution-noncommercial-share alike license).

    untuk referensi, boleh diambil secara polosan ato dg modifikasi dari sini:
    http://blog.efahmi.info/disclaimer/

  2. jimmy says:

    sabar ya.. biasa di negara ini bajak membajak kan sudah biasa, tapi ya memang harusnya minimal ngasih link ke artikel asli.. mudah2an cepat ditanggapi

  3. DET says:

    Novin Kriswianton ()email address guarded from harvesters
    Jl. Wilis 63 b
    sampang
    Jawa Timur,69211
    ID
    Tel. +62.8123366937

    ITU DATA PEMILIK DOMAIN MADURAEXPLORE.COM

    silakan dikontak saja via SMS. diberi peringatan. kalo via email kayaknya ndak sampe deh ev!

    DUKUNG EVELYN!!!

  4. evelynpy says:

    @Diana:
    Hahahahaha bukan artis tapi kepengen jadi artis…hihihihihihihi😆

    @Fahmi:
    Thx atas sarannya, semuanya segera hamba lakukan baginda termasuk mencontek disclaimer dari blog anda😉

    @Khim:
    Halah bukan hadiahnya yang saya nanti tapi pertanggungjawabannya!!!!!

    @Jimmy:
    Amin! Kalau tidak ditanggapi maka saya akan menelpon orangnya! Ini hari ini saya buka email pada belum ada tanggapan!

    @Det:
    Duh punya temen blogger yang canggih sepertimu memang membawa berkah! Thx atas informasinya..saya akan lakukan tindakan apabila belum menanggapi email saya😉

  5. alexandra says:

    wedeww…. sabar ya neng🙂
    sisi positifnya, tulisan kamu bagus. Sampai di bahak begono.. hehe

  6. Treante says:

    wah, keren tulisannya dibajak🙂

    *ditabok*

    maksud saia orang yang bajak itu ternyat nge-fans berat ma mbak Eve, bukankah pembajakan adalah cara memuji yang paling tulus–kata orang nie😛

    btw, suka Rihanna juga?

  7. evelynpy says:

    @All:

    BUAT SEMUA TEMEN2 BLOGGER TIADA KATA YANG TEPAT SELAIN KATA TERIMAKASIH ATAS DUKUNGANNYA TERHADAP KASUS SAYA INI! TERIMAKASIH PULA KEPADA TEMAN2 YANG RELA MEMBANTU SAYA DENGAN MEMBERIKAN KOMEN KEPADA SITUS MADURAEXPLORE.COM DI POSTINGAN MENGENAI KALSOT SUMENEP!
    TAPI SAMPAI HARI INI 3 JANUARI 2009 MASIH BELUM ADA TANGGAPAN DENGAN SI EMPUNYA MADURAEXPLORE.COM. BAIK DALAM BENTUK EMAIL ATAU PERMOHONAN MAAF DALAM BENTUK YANG LAINNYA.

    SAYA AKAN UPDATE APABILA PERMINTAAN SAYA SUDAH DITANGGAPI. BUAT TEMEN2 BLOGGER YANG LAIN, JANGAN SAMPAI KEJADIAN INI TERULANG PADA ANDA SEMUA!

    – SALAM BLOGGER INDONESIA,BIAR STATUS BLOGGER TAPI HASIL KARYA HARUS DIHARGAI DAN DIHORMATI!

  8. Fenty says:

    Aduuh … pasti marah bener deh, tapi memang sudah menjadi resiko orang yang punya blog pribadi ya … untung aja ketemu tuh

  9. kenji says:

    Dulu saya hampir mengalami kejadian kayak begini, karena ternyata semua postingan writer2 saya cuma translate, co-pas, atau edit2an dari tempat lain…

    Kalau mau cepat responnya, datangin rumahnya langsung ajak diskusi/ngobrol antar muka. Jangan lupa ajak teman2 kau ber 5-10 orang, untuk nunjukin bahwa kau “serius” ga main2. Sekaligus mereka bisa ngingatkan kau kalau2 kau ngamuk / berserk😉

    Ada kalanya “penampakan” ataupun “kontak fisik” merupakan solusi yang terbaik, asalkan kau ga terpancing melanggar hukum saja😉

  10. Zilko says:

    Hmmm, memang mirip!! Yah, mudah2an cepat beres kasusnya.

    Dulu pernah ada loh blog yang isinya di copy-paste tanpa izin kemudian dicetak menjadi buku dan dijual di pasaran tanpa memberikan kredit pada penulis blog!! Gila!! Kemudian bukunya ditarik dari pasaran.

  11. Zilko says:

    Btw, di web tukang copy itu, kalau gambarnya dibuka (memang ukurannya kecil sekali sih), samar2 di kanan bawah kelihatan ada link blog ini koq, tapi kurang jelas sih.

  12. Couz' says:

    Wuoozzz.. Sabar yah lyyynnn…
    Sekarang gimana? Kan dah tanggal 5 nih…
    Nasib personal blog siy yaaa… Tapi tetep aja, blog juga punya hak cipta.. Semangat yah, sist.. ^^

  13. BeBe Gunawan says:

    Wah akayanya emang perlu nyantumin warning deh diblog masing-masing biar kejadian ky kamu ini bisa sedikit dicegah ya Lyn.. trus sekarang lanjutannya gimana bu?

  14. titiw says:

    Blog yang dibajak itu punyanya mas Iman Brotoseno, eve.. kalo itu mah udah parah banget.. pemikirannya dia yg dibajak.. anyway aku mendukungmu bagaikan aku mendukung garuda pancasila, hehe..🙂

  15. peacemaker says:

    jangan panik gitu donk….kayak wong yess aja nih mbuk evelyn nih yaa.kita semua hidup saling berdampingan,jangan2 mbuk yang atu’ nih membajak resep masakan tersebut.lah kalo yang punya web ini si punya restoran gimana?? hayooo…..

  16. Math Madura says:

    Dengan sepucuk surat ini kami menyatakan permintaan maaf secara tertulis kepada orang2 yg telah merasa dirugikan oleh pihak kami MaduraExplore khususnya untuk evelyn sebagai pihak penulis copyright artikel tsb. Sekaligus dengan konsekuensi akan mengubah artikel yg diupload oleh salah satu redaksi kami sesuai permintaan evelyn. Kami berharap pihak evelyn sebagai pihak yg dirugikan mau dan menerima permintaan maaf kami tersebut.
    Untuk selanjutnya ini merupakan pelajaran buat team kami agar lebih sensitif memilih berita atau artikel,maklum kami semua adalah newbie karena dari hati yg paling dalam kami tidak pernah ada maksud untuk menjiplak atau membajak hasil karya orang lain. Kami hanya ingin MADURA tercinta semakin dikenal oleh khalayak umat banyak seluruh dunia. Untuk itu kami berharap bagi evelyn dan para sodara2 yg lain untuk saling memberi support pada kami demi kemajuan pulau kecil kita tercinta MADURA.
    Akhir harapan kami semoga peristiwa ini menjadi awal jalinan silaturrahim diantara kita dan dengan sodara2 yg lain,amin..amin.amin…

    Salam Madura,…. “Perjuangan Tiada Henti”

  17. MoNanZa says:

    HHHmmmm…kasian jg yg terhujat….kita sebagai org yg penuh damai jgnlah memperlebar mslh…..kalian semua yg beri komentar disini pasti jg PEMBAJAK….lagu2 yg kalian dengar n copy di kompi kalian,software kompi n Mobile device yg kalian pny, ampe pakaian yg kalian pake Semuanya BAJAKAN….jd kalian jgn SOK SUCI gtu fren…..klo aq sih cma ambil sisi positifnya doang….cukup org itu di beri tau klo Artikelnya dpt nyontek….kalee aja dia lupa mo kasi Linknya.

  18. evelynpy says:

    @ ALL:
    TERIMAKASIH ATAS DUKUNGANNYA, CACI MAKINYA TERHADAP KASUS SAYA YANG DIKIRA SAYA SOK SUCI DAN LAIN2 *LIHAT KOMEN MONANZA*
    SAYA HANYA MEMPERJUANGKAN APA YANG SAYA ANGGAP BENAR. UNTUK KASUS INI TERNYATA SUDAH ADA TANGGAPAN DARI MADURAEXPLORE.COM YANG DIKIRIM VIA EMAIL MAUPUN VIA KOMEN DI BLOG INI.
    BERIKUT BALASAN EMAIL SAYA:

    Terimakasih atas tanggapan saudara2 dari Maduraexplore.com.
    Saya harap hubungan silahturahmi diantara kita berdua masih terus terjaga.
    Untuk itu saya akan menghapus postingan saya beserta komentar2 pada blog saya mengenai permasalahan pembajakan ini😉
    tapi hal itu akan saya laksanakan apabila artikel dari maduraexplore.com mengenai postingan yang berjudul Kalsot Sumenep sudah diganti atau paling tidak diberi link saya.
    Apabila hal tersebut sudah dilaksanakan mohon saya diberitahu via email ya supaya hal ini tidak berkelanjutan.

    MAKA DARI ITU UNTUK TIDAK MEMPERPANJANG MASALAH INI, SAYA AKAN MENUTUP JALUR KOMEN PADA POSTINGAN INI DAN APABILA ARTIKEL YANG BERJUDUL KALSOT SUMENEP SUDAH DIRUBAH ATAU DIBERI LINK BLOG SAYA, MAKA POSTINGAN INI AKAN SAYA HAPUS AGAR SILAHTURAHMI DIANTARA KITA SEMAKIN TERJAGA

Comments are closed.