Orang Meninggal, meninggalkan nama? Trus Credit Title Itu Apa?

Ada pepatah mengatakan orang meninggal meninggalkan nama. In factorang masih hidup aja meninggalkan nama…betul nggak?

Kok bisa?
Ya bisa dong… misalnya kita ninggalin nama kita di kartu nama, kita ninggalin nama kita di benak orang lain karena kita begini dan begitu, kita ninggalin nama supaya orang nyebutin nama kita saat bertemu kita.. Nah kita juga ninggalin nama kita di layar kaca dalam bentuk credit title.

Buat aku suatu kebanggaan tersendiri nama aku bisa terpampang di layar kaca SBO TV saat acara X2 ( XUka-Xuka ) berakhir. Tanpa perlu nunggu aku meninggal duluan, aku sudah meninggalkan “nama” ku dalam bentuk credit title.

Tapi…buat sebagian orang, credit title itu nggak begitu penting. Sebagai pemirsa, siapa sih yang mau nonton atau membaca siapa aja orang yang berjasa di balik suatu tayangan yang dia liat. Boro-boro ngeliat credit title acara televisi, ngeliat credit title film-film Hollywood yang kerennya minta ampun aja orang-orang pada ogah!!!

Entah tradisi atau apa, setelah acara selesai, tangan atau badan secara otomatis melakukan kegiatan reflex seperti memencet remote tv untuk memindahkan kechannel lain, atau kita boro-boro keluar studio dengan menggenggam tangan pacar.

Anehnya… stasiun tv juga justru mendukung suatu hal yang buat aku adalah salah, entah maksud mereka baik atau tidak. Seperti Trans Tv, sebelum acara selesai yang namanya credit title sudah keluar dengan durasi yang begitu cepat, kadang aku aja sampai nggak bisa membaca namanya satu persatu. Itu terjadi tidak hanya terjadi di suatu acara namun semua acaranya dan hal ini tidak terjadi di Trans Tv saja, kebanyakan stasiun TV nasional melakukannya.

Kalau begini apakah peribahasa tersebut masih layak untuk dijadikan pedoman atau penyamangat seseorang untuk melakukan yang lebih baik dalam hidupnya?
Padahal buat aku sudah masuk di credit title saja meski tv lokal membuat perasaan aku puas setelah capek-capek mendirect acara tersebut. Tapi bagiamana apresiasi orang? Justru malah tidak menghargai. Bagaimana menghargai seseorang yang sudah meninggal yang meninggalkan nama tersebut kalau yang masih idup dan masih ada fisiknya ini nggak bisa dihargain.

Fiuh…Justru ada yang bilang bahwa credit title itu cuman merupakan absensi buat suami-suami atau istri-istri yang pasangan hidupnya bekerja di media..
Waduh sampai segitunya ya….

13 thoughts on “Orang Meninggal, meninggalkan nama? Trus Credit Title Itu Apa?

  1. yenny says:

    it’s just credit title…
    you should just be proud of ur work with or without that🙂

    and if it’s really something, people will google it and find out who’s the behind the screen..

    after all.. it’s just my opinion… hehhe🙂

  2. mikearmand says:

    kalau Trans TV n RCTI malah gak ada credit title-nya. Mereka langsung motong demi durasi padahal credit title kan bentuk penghormatan kepada kru film. Sama kaya di Bioskop begitu credit title mulai, lampu sudah dinyalakan padahal biasanya ada surprise2 tak terduga di situ (plus biasanya lagu2nya keren).

    Eniwei, kamu kok ga SMS kalo namamu masuk TV ???

  3. tansilia says:

    mungkin harus dibuat lebih keren, supaya orang tertarik.. ky d bioskop, tp di awal waktu perkenalan.. emang sih lb terbatas, tp itu juga lebih memotivasi orang supaya namanya bisa sampe dsitu, hehe

  4. aziz says:

    tapi kok setau saya credit title itu jarang dibaca yah? kecuali suka ma backsoundnya trus nyari nama penyanyinya ato suka ma aktris trus cari2 namanya…..

  5. Marisa says:

    Ternyata post production dari pihak stasiun TV-nya yah. Selama ini gue kira dari pihak PH.

    Semoga udah ngga bete lagi sekarang.
    Salam kenal dan semoga sukses untuk credit title selanjutnya.

  6. Ading says:

    Yang dimaksud meninggalkan “nama” dalam pepatah itu adalah jasanya, amalnya, atau perbuatan baiknya yang memberi manfaat bagi manusia lain yang masih hidup. Pepatah lengkapnya berbunyi: “Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Jadi tak yang salah dalam pepatah itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s