Ribet mikirin Kolokium!!!

Dah lama nggak posting, jadi kangen juga mau posting.
Belakangan ini sibuk magang dan ngurusin kolokium. Bayangin aja mulai dari Senin hingga Minggu nggak ada waktu libur sedikitpun. Fiuh…resiko mahasiswa nie.

Saat mendengar kata kolokium dan harus mengambil matakuliah itu agar bisa mengambil mata kuliah skripsi hati ini dag-dig-dug membayangkan mau ambil judul apa untuk skripsi aku.

Dijurusan aku memang skripsi di bagi jadi dua bagian. Bab 1-3 itu namanya kolokium. Nah disini kita kudu harus prepare segalanya sendiri. Mulai dari tema yang dianggakat * tentunya yang ada hubungannya dengan fenomena komunikasi*, judul, teori hingga metode yang digunakan. Kalau itu sudah fix dilakukanlah yang namanya sidang kolokium. Kalau di sidang ini aja nggak lulus, maka kita nggak bisa ambil tahap berikutnya yaitu skripsi. Skripsi disini kita tinggal revisi bab 1-3 yang sudah di acc lalu lanjut ngelakuin bab 4 hingga akhir. Ribet kan? Memang…
Buat prepare kolokium aku, aku sampai bela-belain beli DVD Indonesia asli bok di Disctara. Sudah deh jangan tanya habisin berapa, banyak! Parahnya lagi nggak semua yang aku beli dan tonton layak dijadikan bahan penelitan. Memang awalnya mau neliti film dengan menggunakan metode Semiotika. Tapi ntah kenapa, karena deadline juga kali ya aku lansung pindah haluan dari penelitan kualitatif jadi penelitian kuantitatif.

Tau apa yang aku teliti? Yup…kasusnya “Jagal Jombang”. Nah seperti apa penelitian aku itu, ntar aja deh aku ceritain kalau aku sudah lulus kolokium! Akhirnya aku pakai metode analisa isi atau content analysis gara-gara neliti kasus ini di koran! Liat aja tuh, bukannya malah DVD tapi buku yang tebel-tebel numpuk samping komputer!!!

16 thoughts on “Ribet mikirin Kolokium!!!

  1. Nafi' Abdul Hakim says:

    Wah… kasusnya Ryan ya… asyik donk!!!… ya km sabar ja dan lakukan aja apa yang harus dilakukan dan gak perlu mikirin yang laen.. kaya ongkos yang memang jadi kendala utama… tapi klo sungguh2 toh juga akan berbuah dengan hasil yang memuaskan… Salam kenal… link-ku di http://bagdemagus.wordpress.com

  2. riawibisono says:

    @jimmy – kolokium itu adaptasi dari bahasa inggris ‘Colloquium’. artinya discussion group, tutorial, class.. something like that lah… jadi intinya kolokium adalah kelas untuk mendiskusikan bahan skripsi. karna banyak masukan dari teman dan dosen diharapkan skripsinya lebih bermutu gitu…

    to eve: just enjoy lah. aku aja masih pengen back to school, bikin skripsi lagi. intinya kalo kamu bener2 suka sama tema skripsimu, kamu pasti do it with passion dan hasilnya juga oke. soal duit, itu mau ga mau. pas skripsi aku ngabisin duit banyak banget buat buku, internet, fotokopi, jilid dkk. kalo diitung2 sakit ati deh. dapet gaji pertama belum tentu bisa balik modal. solusinya ya hemat di pos2 yang bisa dicut. misal, fotocopy atau minjem buku aja.
    pokoknya cia yo deh! ikuti aja thesis story di dragonzone kalo lagi down hehehe

  3. evelynpy says:

    @Yang mau pinjem DVD:
    Bisa si, asal bisa balikin dengan kondisi yang bagus.
    Soalnya aku kolektor DVD film baik Indo atau barat.🙂

    @Didut:
    Jurusan aku nggak gampang lho. Nyari DVD buat judul skripsi itu memang bukan suatu keharusan. Soalnya kan jurusanku berhubungan dengan dunia media massa dimana salah satu mediumnya adalah film. Jujur aja males beli dan liat film Indo sebenernya tapi mau gimana lagi, aku harus liat buat nyari ide judul skripsi. Akhirnya toh bener kan, film Indonesia sedikit banget yang layak untuk dijadikan bahan penelitian. Sisanya layak untuk dijadikan bahan”candaan”

    @Ria:
    beres bos, doakan aja judul aku nggak berubah bentuk dari Eva Longaria ke Amingwati.😉
    So far aku dah habis uang ratusan ribu😦

  4. mikearmand says:

    Kalo udah kerja akan ada saat dimana kamu kangen pingin bikin skripsi wkwkwkw, tapi memang kerja dulu biar nggak ketinggalan start.

    Kolokium kok kedengerannya enak ya ? Koloke ?

  5. evelynpy says:

    @Mike:
    Masa Sie?
    Kalau dah kerja bukannya malah kepengen cari uang trus dan nggak mikirin beginian?

    @Emyou:
    Yup thx😉

    @Icha:
    Itu astaganaganya panjang amat ya?
    Artinya apa nie non?
    Dosen pembimbingnya masih belum ada, kan masih tahap proposal dulu. Kalau lulus baru dapet dosen pembimbing😉

    @Djunaederd:
    Thx ya😉

    @Ndop:
    Thx juga ndop:)

  6. Couz' says:

    aduh lyn.. gimana sekrang kabarnya kolokium-mu?? aku aja deg2an, gk ngambil semester ini.. haha.. kudoakan lancar de yaaa.. abis itu bagi2 tips n trik kolokium.. wkwkwk..

Leave a Reply

