Gilanya Syuting SOS *Surabaya On Screen *

ok, sebagai anak komunikasi tentunya kata-kata syuting bukan lagi hal yang aneh di kehidupan perkampusan dan pertugasanku sehari-hari. Minggu lalu nie, aku disibukkan oleh kegiatan syuting acara SOS * Surabaya On Screen * acara ini sebenernya proyek besar dengan penggabungan dua kelas editing di kampus aku yang tercinta ini.

Semua materi, konsep acara, dan tetek bengeknya semua hasil kemenangan tender proposal kelompok aku. * pernah aku singgung di blog aku kok* trus setelah itu, semuanya dilebur jadi satu untuk di tentukan siapa menduduki posisi produser, acara * tim kreatif*, logistik, produksi * kameramen, dll* dan masih banyak lagi. Aku sendiri menempati singgahsana tempat acara sebagai wakil koordinator. Susah jadi wakor di divisi acara* membayangkan kalau jadi wakor tim kreatif di salah satu stasiun televisi di jakarta sono* ngurusin kematangan acara, MC, pokoknya kerjaan seabrek deh!

FYI, acara SOS ini murni acara yang menguji ketangkasan kita tentang Surabaya. Acara ini terinspirasi oleh acara Amazing Race dan digarap dengan gaya Surabaya banget! Dimana tiap pos ada tantangan sendiri-sendiri, peserta yang ikut nggak boleh membawa apapun juga kecuali membawa diri mereka, air, serta bagpack. Mereka cuman di beri uang saku sebesar 15 ribu rupiah tiap harinya. Uang tersebut boleh digunakan untuk apa saja. Mau beli makan, mau naik angkot mau apapun terserah.

Nah sebenernya banyak kejadian lucu sih di acara ini saat syuting 2 hari pertama tanggal 30 Mei, 1 Juni 2008 kemarin. Tapi mohon maap aku nggak sempet motret momennya, soalnya lagi ribet ngurusin acaranya. Ada peserta yang bingung dengan clue yang di berikan pantia, ada peserta yang rela berkorban naik mobil pikep tertutup karena uang yang mereka punya sudah habis. Ada peserta yang nekat jalan kaki dari satu pos-ke pos lainnya untuk menghemat biaya. * bayangkan mereka berjalan kaki dari House Of Sampoerna menuju Cak Durasim* Ada peserta yang nekad menerabas demo yang terjadi di kantor gubernuran untuk mencari jalan terpendek menuju pos finish di pasar Keputeran. Mereka lupa kalau saat itu sedang menggunakan sarung, alhasil para polisi yang menjaga demo semuanya melihat kearah peserta dengan tatapan aneh. Ada juga peserta yang hampir muntah memakan lento* tau kan, yang bukan orang Surabaya cari di om Google :)* sebanyak satu porsi tanpa apapun kecuali ditemanin sama air putih. Ada juga peserta yang kewalahan ngafalin lagu rek ayo rek karena mereka bukan orang Jawa tapi Kalimantan.

Kalau buat aku sendiri, serunya syuting acara ini adalah:

Pertama: Kulit putih indahku ini, lagi-lagi belang gara-gara matahari yang nakal di lokasi Tugu Pahlawan* maklum syutingnya siang-siang buta* Jadinya terpaksa habis syuting, kencan sama si Kancoet di Mall, hanya untuk beli sunblock buat muka dan badan.

Kedua: Berhubung nggak pernah seumur hidup pergi ke Tugu Pahlawan meski lama tinggal di Surabaya, aku jadi katrok saat masuk di museumnya. Banyak sekali senapan jadul yang aduh hai bagus banget, banyak foto-foto Surabaya tempo dulu yang ternyata dari dulu memang sudah keren, trus ada dioramanya juga. * tapi kenapa ya pas masuk nie museum, bulu kudukku nggak mau turun-turun juga?…. ih ngeri…*

Ketiga: Karena dianugerahi Tuhan mempunyai wajah cantik, bodi bagus, kulit putih, mata sipit, aku selalu saja ditanyain orang saat syuting pas di depan Kantor Indosat yang di Pasar Keputeran. Waktu itu aku standby jadi kameramen di pos finish yang ada di pasar Keputeran,karena takut belang aku pakai perlengkapan lengkap jaket, topi hingga selendang item untuk nutupin diri dari serangan mendadak matahari. tapi semua orang yang lewat selalu mendekat dan bertanya, ada syuting apa dek? Masuk tv mana dek, adek kru dari mana ya? Pertanyaan itu selalu datang, aku si nggak masalah dengan pertanyaan yang diberikan, tapi lebih masalah lagi kalau tiba-tiba salah satu dari mereka mau ngerampok kamera ENG yang sedang aku bawa dan aku posisikan di jalan raya.

Kalau mau tau gimana hasil dan siapa pemenang SOS * Surabaya On Screen * tenang aja, acara ini moga-moga akan tayang di salah satu stasiun tv di Indonesia. Makanya doakan ya…

14 thoughts on “Gilanya Syuting SOS *Surabaya On Screen *

  1. sakuralady says:

    gaya mbo.. hihihi.. keren keren.. aku doain deh menangggg…
    ntar diupdate lagi ya. ada di youtube juga ga? biar pengen tahu hasilnya kaya gimana. atau live streaming lg kaya radio maren? he he
    ganbatte kudasai evelyn chan.. hihi

  2. evelynpy says:

    @All:
    Thx buat semuanya…yang dah komen…
    Sorry nggak bisa balesin satu2 soalnya lagi sibuk UAS nie.
    Ditunggu deh di You Tube
    Atau ntar saya akan kasih tau deh kapan ditayangin di TV.
    Ok🙂

Leave a Reply

