Mau Tau Makanan Khas Madura?

jajan-madura.jpg
Karena saya besar di Madura jadi wajar kalau saya menghabiskan tahun 2007 lalu di Madura bersama keluarga. Sebenarnya agak bosan untuk balik kesana bagi anak muda seperti saya ini, tapi orangtua memaksa pulang, jadi ya apa boleh buat. Apa yang dititahkan oleh orang tua, anak harus nurut kan?

Kali ini saya tidak bercerita mengenai tempat pariwisata di Madura tepatnya di kota Sumenep. Tapi kali ini boleh dong saya sedikit review kuliner, biar kayak pak Bondan di wisata kuliner gitu.
Kalau di Surabaya makanan lima ribuan adalah makanan yang paling murah, beda halnya di Sumenep Madura. Hanya dengan Rp4.500 RD Lovers bisa menyantap makanan khas Madura yang dinamakan KalSot ( Kaldu Soto ) dan tahu campurnya Pak Abi. Nah buat minumnya, RD Lovers bisa mengeluarkan uang sebesar Rp3.500,- untuk menyantap es campur ala Madura ( tapi bukan milik pak Abi ). Murah kan?
Kalsot adalah makanan khas Madura, kadang ketika saya pulang saya beramai-ramai dengan teman masa kecil pergi makan untuk makan kalsot atau Kaldu Soto ini. Kalsot itu terdiri dari bubur kacang hijau dengan aroma daging yang kental ( soalnya ada kikilnya ) serta di beri semacam apa ya namanya, seperti gorengan ketela di dalamnya dan dicampur dengan sedikit bawang merah dan seledri. Mungkin untuk yang baru pertama kali nyoba atau lihat fotonya agak jijik kali ya. Tapi percaya saya deh, rasanya Top Markotop! Kalau suka pedas, dikasih sambel juga ok kok! Tapi untuk makan ini jangan harap di restoran yang bersih dan nyaman seperti di Surabaya ya.Dari Kalsot kita pindah ke Tahu Campurnya Pak Abi ( sorry saya lupa nama jalannya ).
Kalau di Surabaya banyak sekali kita temui Tahu Campur, nah di Sumenep Madura ini cuman satu ” rumah makan ” yang menjual tahu campur, yaitu Tahu Campur Pak Abi! Sebenarnya pak Abi ini menjual tidak hanya tahu campur saja, tapi juga bakwan dan gado-gado. Tahu Campurnya Pak Abi ini memang khas lho! Yang membuat khas adalah ada bakso kotaknya sebagai isi dari tahu campur itu sendiri selain isi tahu campur yang lain yang biasa kita makan. Nggak tau deh di Surabaya ada nggak yang jual.
Nah habis ngomongin makanan, kita pindah ke minuman! Kalau mau minum es campur ala Madura, RD Lovers tinggal pergi ke alun-alun kota. Disana RD Lovers bisa membeli es campur di tukang es campur keliling yang biasanya mondok di sana. Tapi jangan heran ya ketika membelinya. Soalnya es campurnya beda dengan es campur Surabaya. Warnanya nggak merah muda, tapi putih * soalnya pakai santan* lalu isinya juga biasa saja* maklum kan murah*. Ada nangka, cincau, rumput laut, jelly, serta mirip dawet tapi warnanya merah muda, semangka dan manisan anggur. Masalah kebersihan, jangan khawatir, dijamin halal dan nggak sakit perut!

44 thoughts on “Mau Tau Makanan Khas Madura?

  1. nicoustic says:

    wah….makanan khas Madura ya…..
    itu lho yang ada kacang ijonya terus makannya pake ikan asin apa namanya!?kayaknya kuliner madura saya baru tahu sedikit……dan belum tak coba juga

  2. khim says:

    jadi bedanya cuma ga disiram sirup? es campur kan memang defaultnya pake santen dan bisa rikues tanpa sirup

    lhah tahu campur kan jawa timur bukan monopoli meduro
    di bandung pernah lihat yang jual tahu campur di jln dipatiukur, meski masih kalah mantep sama yang biasa lewat depan rumah

    btw yang khas madura bukannya soto madura, sate madura dan rujak pincuk mbo bariah? :D

  3. evelyn pratiwi yusuf says:

    @nico:
    Makanan yang dimakan pakai ikan asin?
    Waduh aku nggak tau itu apa namanya :)

    @jimmy:
    Yakin dibandung nggak ada nie?
    Lihat komentarnya khim ;)

    @riadi:
    Itu kalsot ( Kaldu soto ) bukan soto yang selama ini dirimu bayangkan :)

    @arul:
    Lebih asik kalau makan aslinya ;)

    @jiewa:
    Nasi serpang?
    Waduh aku belum pernah makan dan nggak tau apa itu :(
    Oh iya pernah diliput di tv mana?

    @khim:
    Soto madura sama halnya dengan soto yang selama ini anda makan.
    Kalau makanan yang laen, ntar kalau aku pulang saja. Kan bosen kalau postingannya makanan melulu ;)

  4. edipson says:

    waktu ke madura dulu, tidak sempat merasakan langsung :)
    abis tinggal di rumahnya JT, jadi semua telah tersedia. Dan bukan masakan madura tapi…masakan timor hahahaha

  5. deteksi says:

    wa…. kalo cewek jadinya bukan pak bondan, tapi bu bondan..

    kalo masakan madura sih dah banyak di surabaya..

    terbanyak adalah sate madura..

    btw… theme-nya ganti ya ev? keren yg dulu menurutku! :D

  6. evelynpy says:

    @adi:
    Yeah, that’s why i’m chubby :)

    @tedy:
    Ketauan sifat aslinya nie ;)

    @sakura:
    Time to try different meal right? :)

    @roze:
    Ini beda dari soto madura biasanya lho!

    @Lizan:
    Nah makanya datang ke madura and beli ;)

    @herru:
    Bosen! Tungguin deh postingan berikutnya, kalau nggak lupa :)

    @ria:
    Sayang, nenek aku sudah tiada,kalau masih hidup saya suruh dia bikin nasi jagung beserta sambal ala madura :(

    @mardies:
    Iya, namanya juga kebutuhan utama :)

    @edipson:
    Rugi dirimu. Sekali2 coba dong!

    @gandhi:
    Waduh, yakin nie, soalnya cepet bau lho!

    @deteksi:
    Iya, soalnya tidakah dirimu sadari bahwa ada yang salah dengan blogku ini, makanya aku ganti themes :)

  7. Abihaha says:

    Hmmm… kalo saya buka tahu campur di Bandung, bisa pake nama yang sama ya… lumayan gak usah bayar franchise.
    Enak mana sih sama tahu campur versi Jateng-Jogja?

  8. evelynpy says:

    @Supermoto:
    Nggak tau nggak pernah kesana aku :)

    @Andre:
    Bubur madura memang nikmat dan nagih! ;)

    @Zam:
    Otre2

    @Abihaha:
    Waduh masalahnya aku nggak pernah nyoba tahu campur versi jateg :)
    Tanya sama si Sam aja :)

    @danalingga:
    Nggak :)

  9. ichal says:

    Hemm jadi pengen pulang kampung nich.Aku lagi pengen soto Kampung halamanku (Sumenep nan asri), padahal saya cuma lagi cari2 resep soto-nya biar istriku di jkt bisa masaknya. tapi yang pasti susah dapet bawangnya.Warungnya pak Abi itu di belakang Museum kan Mbak Lyn (sorry deh kalo aku sok kenal.

  10. bomser says:

    aku kalau ke sumenep tidak ‘syah’ kalau tidak makan kaldu, soto dan rujak, karena ketiganya tidak ada dikota lain nama sih sama tapi masakannya beda jauh mbok…….

  11. novers says:

    jangan hnya nyobak d sumenep aja donk,, klo km mw ada d pamekasan rujak cingur deket stadion,, ada soto lorjuk di pademawu,, campur di basar(nm daerahnya),, belum lg d sampang, and bangkalan dngan bebek gorengnya,, pokoknya masakan madura paling cihuy,, sob!.

  12. dewi says:

    makasih ya q pengen tau masakan khas madura coz q punya pacar anak madura. kali ja nanti q jd istrinya kan bisa mbuatin dia makanan khas dari kotanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s