Ayo Main!

_40698760_treegameafp300.jpg

Hari Kemerdekaan Indonesia jatuhnya hari ini, tanggal 17 Agustus 2007 yang berulang tahun ke 62.

Seperti biasanya, pasti banyak pesta rakyat baik yang bersifat tradisional maupun yang bersifat modern.

Lomba makan krupuk, tarik tambang, sampai pada panjatย pinang dilaksanakan dengan begitu meriahnya untuk memperingati hari kemerdekaan kita hasil dari pertumpahan darah para pahlawan di medan tempur! Mulai dari TK sampai perusahaan-perusahaan ternama merayakan dengan begitu gembira meski hanya mengikuti lomba-lomba yang pasti ada tiap tahunnya.

Lain hal nya dengan mereka yang tidak mampu dipandang secara ekonomi. Mereka hanya bisa memasang bendera merah putih yang berkibar begitu anggunnya didepan rumah mereka tanpa bisa datang untuk sekedar merayakan tuguran ( selamatan biasanya pakai nasi kuning beserta lauk pauk yang dibuat warga di suatu kampung atau RT/RW tertentu ) dengan alunan lagi dangdut.

Beda halnya dengan anak muda atau kaum ekspatriat

yang merayakannya dengan menghabiskan malam mereka di cafรฉ atau mendengarkan lagu-lagu up beat dengan segelas tequila.

Ya, semua punya cara sendiri-sendiri untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia hari ini yang seharusnya dipakai untuk merenungkan nasib bangsa menuju kebaikan.

Nah RD mau nanya nie sama RD Lovers semua:

Lomba apa sih yang paling RD Lovers suka saat memperingati hari Kemerdekaan?

Tarik tambang?
Makan krupuk?
Lomba bakiak?
Panjat pinang?
Gepuk Guling?
Balap Karung?
Lari bawa kelereng dalam sendok?

Atau perlombaan lain yang belum RD sebutin disini serta sertain juga alasan mengapa RD Lovers suka banget dengan permainan itu?

RD tunggu ya jawabannya…

16 thoughts on “Ayo Main!

  1. beni bevly says:

    Evelyn, memang tidak bisa disangkal bahwa kemerdekaan Indonesia adalah dari proses perlawanan terhadap penjajah yang panjang. Di sisi lain kita juga perlu menyadari bahwa apa yang diajarkan di bangku sekolah sering kali hanya partial truth karena tidak seratus persen sejalan dengan fakta sejarah yang sesungguhnya.

    Salah satu hal yang sering diajarkan bahwa para pahlawan kita berhasil mengusir penjajah, termasuk bangsa Jepang dengan menggunakan bambu runcing. Sebenarnya siapa yang mengusir mereka dan dengan senjata apa? Bukankah Jepang kalah perang dengan AS karena dengan senjata bom atom di Herosima dan Nagasaki sehingga mereka harus hengkang kaki dari daerah jajahannya, termasuk di Indonesia? Pada kesempatan seperti inilah Soekarno dan rekan-rekan yang lain memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

    Tanpa mengurangi rasa kagum dan hormat terhadap para pahlawan kita, kita harus mengajarkan kebenaran sejarah tetapi bukan partial truth yang kadang kala bisa diartikan sebagai berbohong.

  2. JiE says:

    Aku pernah.. tarik tambang, benere ga mau.. cuma waktu itu aku lagi nonton trus ada tim yg kekurangan orang, maka ditarik lah awak… kalah bok hihi..
    Trus pernah ikut lomba memasukkan pensil dalam botol (pensilnya di-ikat ke pinggang).. mayan… juara 2 heuehhe.. =.=v
    kalo hari kartini (wah gw mulai OOT nih), 2 kali menang lomba busana daerah hehe.. ^^

  3. .:: Pitshu ::. says:

    arti dari semua permainan itu, ” kita harus berjuang untuk menang “ dan ” bersatu kita pasti lebih kuat ”

    g paling males ikutan lomba 17 august soalnya, klo menang ngambil hadiahnya kudu nunggu pas acara panggung ^^, dan acara panggungnya biasa malem banget sampe jam 10-an gitu hadiah baru dikasih, mendingan g dirumah jam 8 udah bobox sampe page hahaha… LOL!

  4. sakuralady says:

    Aku demennya game yang team gitu siy.. salah satu contohnya ya tarik tambang itu.
    Menurutku, tarik tambang itu fun, tidak hanya sekedar permainan, olahraga, lomba atau anything you name it.. tapi ada unsur kekompakan, effort supaya bisa goal. Terus ada unsur strateginya juga.. Kalau dulu seingatku.. aku selalu ditempatin paling belakang.. krn kakiku kuat(maklum kaki maradona).. yg paling depan, yg tangannya kuat..

    Selain itu, dulu siy aku demennya lomba baca puisi. Seneng aja bisa berekspresi melalui puisi.
    Utk game2 lain, seneng juga.. krn kreatif dan sebagian besar ada unsur untuk pembelajaran juga~perlu effort untuk bisa menang. *peace, salam merdeka*

  5. 9uBr4K5 says:

    pas 17-an gue ikutan Lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, lomba bakiak, bawa kelereng dlm sendok… makan nasi tumpeng, dengerin dangdutan [plus ikutan goyang ‘Jablay’] trus malemnya juga sempet ke cafe sambil ditemenin segelas Martell

    Huhmm… refleksi orang tentang 17-an sangat beragam… tapi apapun itu… 17-an yg kita alami saat ini masih jauh lbh baik dr para senior2 kita dulu…

    So… DIRGAHAYU Kemerdekaan RI Ke 62… Smoga makin Jaya yg sesungguhnya… & Merdeka yg Sebenarnya…

    MERDEKA !!!

    Salam kenal…
    ๐Ÿ˜€

    Peace, Love `N Harmony !

  6. Ayom says:

    hi lyn ini pertama kali aq ksh kmu comment
    klo menurutku sih walaupun Indonesia nih dah merdeka selama 62 tahun tapi aq tetap merasa bahwa qta masih dalam penjajahan
    penjajahan kebodohan, kemiskinan, penjajahan yg dilakukan oleh aparat2 qta yg korup, dsb
    banyak hal yg harus dibenahi dan banyak hal yg harus terus dilakukan untuk menjadikan negara qta Indonesia tercinta ini menjadi lebih baik, lebih baik dan lebih baik lagi.
    sebagai bagian bangsa seharusnya qta lebiuh peduli terhadap kondisi bangsa, meningkatkan rasa nasionalisme dan ikut andil dalam memperbaiki kehidupan bangsa qta yang makin terpuruk ini.
    jadi tidak hanya merayakan dengan hanya melakukan selamatan ato apalah itu yang menurutku tidak begitu berguna.

    Hidup INDONESIA..
    MERDEKA

  7. evelyn pratiwi yusuf says:

    > Telmark:

    Itu bukan fotoku, udah jelas itu foto cowok, sedangkan aku kan cewek. Gimana sie kamu itu?๐Ÿ˜‰ Lomba tidur? kalau kamu bikin sendiri ok juga tuh. *pasti kamu suka tidur ya *๐Ÿ˜‰

    > Beni:
    Waduh, dah lama ya nggak berkunjung ke blog ini. Agak kangen nih๐Ÿ™‚. Aku setuju dengan apa yang Beni utarakan, tapi nggak mungkin duong kalau kita * seandainya guru SD atau TK * mengajarkan yang sebenarnya kepada mereka dan memang itu yg seharusnya mereka dapat. Sebagai guru pasti memiliki pertimbangan sendiri untuk menamkan kepada mereka kekaguman atas pejuang kita yang sudah membuat bangsa ini merdeka. Kekeliruan terbesar yang seharusnya diubah, tapi banyak yang tidak sadar. So maybe pemerintah harus berjuang untuk mengubah paradoks yang sudah mendarah daging pada anak cucu kita.

    > Jie:

    Ya pasti kamu bakal menang lha lomba busana daerah, soalnya kamu memang pantes apalagi mengenakan balutan batik yang menjadi seragam sehari2 kamu.๐Ÿ™‚

    > Pretty:

    17 Agustus tahun ini dan beberapa tahun belakangan ini setelah lulus SMA, tidak ada satu lombapun yang aku ikuti. Soalnya kampusku yang segede mall itu tidak mengadakan lomba begituan. Hikzzz… Upacara bendera hanya diperuntukkan bagi MABA aja…
    Itula sebabnya aku bikin postingan ini untuk nostalgia๐Ÿ˜‰
    Aku paling suka lomba balap karung * soalnya dulu pas SD-SMP selalu juara satu *, habis lomba badan gatal semua karena karung itu kotor, tangan lecet karena jatuh bangun, jompol bengkak karena banyak ketatap ama kerikil, dan muka berdebu. Tapi asikkkkk banget…๐Ÿ™‚

    > Pitshu

    [arti dari semua permainan itu, โ€ kita harus berjuang untuk menang โ€œ dan โ€ bersatu kita pasti lebih kuat โ€]

    Aku harap arti itu tidak hanya untuk permainan aja tapi untuk kemajuan Indonesia. Kamu itu ratu tidur kali ya, kan enak nungguin panggung ampe malem, bisa liat dangdutan n bisa dikenal ama masyarakat sekampung. Lumayan jadi artis meski hanya semalam.๐Ÿ™‚

    > Sakuralady:

    Hmm…aku dulu pas SD juga jago bikin dan lomba baca puisi lho…
    Seneng rasanya bacain puisinya WS Rendra dengan begitu membara dan disaksikan tmn2 selapangan upacara.๐Ÿ˜‰ Kamu gimana gitu juga?

    >9uBRaks * nulisnya susah, maap kalau salah *

    Keliatannya asik tuh goyang sambil diiringi dangdutan lagunya Jablay lagi, jadi kepengen goyang dangdut nih๐Ÿ˜‰. Kamu kuat amat ya abis goyang langsung minum martell. Wuihhhh beratttt.

    SEKALI LAGI MERDEKA!!!!๐Ÿ™‚

  8. .:: Pitshu ::. says:

    Yang artinya itu emang bukan untuk digame aja, tapi untuk kehidupan sehari2 sayangnya susah mencerminkan begitu ^^

    Mak.. jadi artis semalam, hmm… tanpa g naik panggung orang sana udah kenal g kok! g kan paling bandel disana, anak orang aja ada yang sampe di gundul gara – gara g ^^

    Kyaaaaaaa~

  9. evelyn pratiwi yusuf says:

    > Pithsu:

    Wah, anak ternakal sekampung? Jadi penasaran dan pengen ketemu kamu nie. Mau lihat seberapa nakalnya dirimu.๐Ÿ™‚

  10. evelyn pratiwi yusuf says:

    > Ayom:

    Waduh temenku yang satu ini ternyata bisa mengungkapkan argumen yang ok lho tentang postingku ini…๐Ÿ˜‰. Ayo Yom, kapan buat blog, aku tunggu nie, masa’ PIMRED nya BC Magaz * penggantiku * nggak punya blog sendiri? * nggak malu tuh?๐Ÿ™‚ *
    hahahaha, becanda Yom.

  11. riawibisono says:

    baca deh Jawa Pos hari ini, kolomnya si Leak Koestiya. Keren pemikirannya. contohnya nih, dia bilang, kalo Indonesia ini beneran udah makmur, masa iya ibu2 itu bela2in manjat pinang belepotan oli hanya demi mendapat sebuah rice cooker? dan lomba balap karung menurutnya mengingatkan kenangan kakek2 di jaman penjajahan yang terpaksa pake celana dari bahan karung dengan bonus kutu2nya itu.
    eniwei, aku ndak pernah menang lomba agustusan. kalo ndak salah dulu cuma menang lomba bikin poster. lainnya kacau, apalagi pas SMA.
    kelas 1 -lomba panco : udah bela2in angkat barbel tiap hari ternyata tangan lawanku 2x lebih besar, alhasil dlm bbrp detik aku kalah, padahal orang sekelas udah aku kalahin.
    kelas 2 – lomba bakiak – kalah joega…
    klas 3 – jd panitia tarik tambang makanya ndak ikut lomba, sibuk wara-wiri mengedarkan plester buat para peserta.
    kuliah – ndak pernah ada lomba agustusan, paling kalo agustusan aku ikut upacara *anak rajin*
    3 taon loh aku ikut upacara, tahun2 terakhir tok nggak, soalnya magang dan tahun ini, malezzz….

  12. sakuralady says:

    evelyn jago bikin puisi? wow.. aku juga bikin puisi tapi ga jago.๐Ÿ˜€
    Puisi2 cinta ala anak ABG.๐Ÿ˜€

    Aku dulu demennya baca puisi chairil anwar.
    Terus kalau baca puisi, sampe terbawa suasana hati, ekspresi marah lah, nangis, bikin temen2 sampe merinding denger puisi yg kubaca.. huehuehue..

  13. Street Marketer says:

    kmrn di kampus ikut lomba tarik tambang kalah, ikut lomba injek balon di diskualifikasi gara-gara lawanya aku pegangin gak bisa gerak, lomba futsal yg paling seru.. ini bener2 kompetisi.. sayang di final harus rela kalah 3-1, padahal peluang banyaaaakkkk bgt sayangnya sang striker (penulis maksudnya.. hehehe) belum bisa memanfaatkan peluang sebaik mungkin, padahal di tonton sama rektor… jadi malu๐Ÿ™‚ alhasil cuma juara 2, hmm gpp sie… at least kita udah tunjukin spirit kita untuk bisa menang.

    http://www.bincangpemasaran.net

  14. evelyn pratiwi yusuf says:

    > Ria:

    Memang si Leak itu penulis atau wartawan yang aku kagumi!๐Ÿ™‚
    Tulisannya terkesan tidak menggurui, apa adanya dan fun buat dibaca anak muda jaman sekarang.
    Wah hebat kamu, 3 tahun ikut upacara selama dibangku perkuliahan!
    Aku cuman saat jadi MABA aja buk. Malessss banget, kapan ya kira2 Petra adain lomba 17an buat para mahasiswanya gitu?
    * memangnya mungkin ya? *

    > Sakuralady:

    Aku nggak jago bikin puisi, tapi suka banget ama puisi dan tulisan yang romantis.
    Chairil Anwar emang OKEH banget.๐Ÿ˜‰.
    WS Rendara juga kpl.
    Aku lebih seneng baca daripada bikin, susah soalnya!
    Kapan2ntar kamu praktekin baca puisi ya didepan aku, pengen tahu nie ekspresimu bisa bikin aku merinding apa nggak๐Ÿ™‚

    >Street Marketer:

    Bro, aneh banget nie nerima komen dari kamu. Soalnya kamu ubah nama. Dulu ADHI skrg…susah!๐Ÿ™‚
    Untung lho kamu bisa main dan beraksi didepan rektor meski kalah, sedangkan di kampusku? Lomba seperti itu aja untuk menyambut 17an nggak ada kok. * sedih *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s