All About Leadership

Selama tiga hari ini saya mengikuti pelatihan kader BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa ) di trawas mulai dari 27-29 April 2007. Saya mengikuti ini karena saya merupakan salah satu fungsionaris dari departemen bidang 2 yaitu departemen HUMAS dan acara ini menuntut adanya kader-kader baru untuk BEM tahun depan dan bagaimana membuat mereka mengerti dan mau join dengan BEM.

Awalnya saya sangat boring dengan acara ini. Banyak materi yang sebenarnya kedengaran klise tapi ketika saya perhatikan saya tidak tahu apa-apa mengenai kepemipinan ( leadership ).

Ini dia yang saya dapat dari Camp Pengkaderan BEM Universitas Kristen Petra Surabaya, minggu lalu :

a.The coolest  word and so inspired me in Leadership

 Maxwell – Successful leaders have to encourage to take action while others hestitate.

Thomas Alfa Edison – Manusia kehilangan kesempatan karena mereka menganggap kesempatan yang ada itu adalah hal yang biasa.

b. Step to Lead

 Look Around.

Anda harus melihat dan memperhatikan keadaan sekeliling anda beserta realita yang ada.

See More.

Perhatikan semuanya dengan seksama dan mendalam, semua apa yang anda lihat sebelumnya.

Understand

Mencoba mengerti apa yang terjadi terhadap apa yang telah anda lihat dan perhatikan dengan seksama.

Learn and Act

Pelajari semua itu lalu barulah ambil tindakan yang tepat untuk mengatasi, mencari solusi dan lain-lain yang berhubungan denganya untuk hasil yang optimal.

c. Indikator Pemimpin Unggul :

 Kompetensi

Poin utama apakah anda layak menjadi pemimpin yang unggul.

Kreativitas

Tanpa adanya kreativitas, maka tidak dapat mendukung kompetensi yang kita miliki. ( Hal ini bisa dibentuk dengan membutuhkan waktu yang lama serta butuh banyak pengalaman )

Koneksitas

Tanpa koneksi semua akan sia-sia. Kita tidak dapat berkembang dan usaha, kompetensi serta kreativitas kita yang begitu bagus tidak dapat menonjol dan terlihat ketika kita tidak punya koneksi.

Komitmen

Apalah arti kita memiliki semuanya itu tanpa ada komitmen yang kita pegang teguh pada visi dan misi kita semula. Maka semuanya akan sia-sia dan bohong belaka.

Masih banyak sebenarnya apa yang saya dapat di Pengkaderan BEM yang lebih menekankan pada kepemimpinan atau Leadership. Tapi kalau saya posting semuanya disini nggak bakal cukup dan akan kepanjangan. Jadi saya ambil aja yang saya paling suka dan penting.

HIDUP MAHASISWA!

7 thoughts on “All About Leadership

  1. Beni Bevly says:

    Evelyn,

    Komentar pertama (Mei 8th, 2007, pada 1:30 p05) di atas secara tidak sengaja ke post. Bisakah tolong di-delete?

    Aku bermasud hendak menulis demikian:

    Artikel Evelyn sangat menarik dan informatif. Evelyn benar, jika membicarakan masalah leadership memang panjang dan tidak ada habisnya. Aku sendiri mempunyai 26 artikel yang berkaitan dengan leadership dan organizational tools di http://www.overseasthinktankforindonesia.com/?cat=11.

    Di antaranya aku menulis tantang pengertian basic leadership:
    http://www.overseasthinktankforindonesia.com/?p=68
    http://www.overseasthinktankforindonesia.com/?p=31

    Selain itu juga penting untuk memahami followership:
    http://www.overseasthinktankforindonesia.com/?p=134#comments

  2. evelyn pratiwi yusuf says:

    Aku setuju dengan Adhi, dalam leadership kita tidak harus menjadi sangat menyenangkan buat orang lain. Tapi kita harus melakukan hal yan benar sesuai visi misi dan harus kuat dengan segala keadaan yang menerpa.

    Hai balibul postinganku ini mengingatkan kamu akan apa? ( aneh…)

    Hidup mahasiswa yach….🙂

Leave a Reply

