Cerita Sebelum Tidur

 royal_finger_puppets.jpg

” Hallo kamu siapa? Mengapa bentukmu aneh sekali? Pendek dari aku, dan lebih besar dari aku juga. Memangnya apa kelebihanmu?”

” Hallo juga, memang aku pendek, aku juga lebih besar dari kamu tapi aku punya kelebihan. Kalau aku menaikkan tubuhku, aku akan memuji orang bahwa dia hebat dan baik. Tapi aku juga bisa berubah menjadi jahat ketika aku menurunkan tanganku! Aku dapat membuat orang merasa bahwa dia tidak hebat atu jelek. Tapi aku tidak bisa berbuat menaikkan atau menurunkan tubuhku tanpa bantuan kalian.

“Oh… aku tau! Kaukah si jempol teman kami yang besar, gemuk dan paling pendek itu kan?” jawab yang lain.

” Jari tengah siapa dia? Aku tidak kenal?”tanya si jempol pada si jari tengah.

“Oh dia si jari telujuk! Dia bisanya cuman menunjuk orang atau benda. Kadang juga dibuat untuk memerintah ini dan itu! Dia terkadang bisa membuat manusia marah dan jengkel padanya karena fungsinya itu.

” Hey jangan begitu! Aku bersyukur kalau aku punya kemampuan seperti itu. Lalu memangnya apa kelebihanmu yang bisa kaubanggakan?! Coba tunjukan pada kami jari tengah!!!” si telunjuk mulai tidak sabar.

” Aku…aku… kelebihanku…apa ya…?” Jari tengah nampak malu-malu.

” Ayo tunjukkan pada kami!” jari telunjuk mulai tak sabar dan emosi.

” Sejujurnya aku tidak punya kelebihan diantara kalian! Aku cuma bisanya mengejek orang dengan menaikkan tubuhku saja. ” Hanya itu dan tidak ada yang lain.” jari tengah mengambil nafas panjang dan tertunduk malu.

” Hai si tengah,  jangan berkecil hati. Aku juga tidak punya kelebihan apa-apa. Kelebihanku cuman sebagai tempat ditaruhnya cincin yang manusia beli untuk menunjukan komitmen terhadap pasangan. Kalau mereka tidak berkomitmen maka aku menjadi tidak berharga.”

” Lalu apa kelebihanmu jentik?” tanya si telunjuk sombong!

“Aku juga sama, aku hanya bisa dibuat untuk mengambil kotoran di hidung manusia yang bau dan kotor itu. Tapi aku lebih tinggi daripada si jempol. Selebihnya aku tidak punya kelebihan apa-apa…” Aku tidak jauh beda dengan si manis, dan si tengah..

“Sudah-sudah kalian jangan berkecil hati.. Kita semua bagian dari tangan manusia. Kita hanya bisa sombong dan malu dengan kelebihan dan kekurangan kita masing-masing. Namun setelah menjadi tangan tidak ada lagi kekurangan dan kelebihan kita yang wajib kita banggakan. Apabila kita bersatu dan berperan menjadi tangan, itu akan membuat kita semua bangga. Kita bisa membantu orang, bisa melukis, menulis dan masih banyak lagi yang bisa membuat manusia melakukan hal-hal baik. Tapi meski begitu kita tetap saja tergantung pada si penguasa si otak dan si hati. Kalau mereka sedang tak enak hati maka kita yang menjadi bawahan bisa diperintah sesuka hati! Tapi biar bagaimanapun kita harus bersatu dan membantu manusia untuk menebarkan kebaikan dan membuat orang senang. Kalian mau?” jelas si jempol penuh semangat dan panjang lebar.

” MAU…..!!!!” jawab telunjuk, tengah, manis dan jentik serentak!

3 thoughts on “Cerita Sebelum Tidur

  1. Beni Bevly says:

    Hello Evelyn,

    Ilustrasi yang bagus untuk menunjukkan bahwa setiap bagian yang berbeda, termasuk manusia Indonesia yang berbeda-beda tetapi jika bekerja sama akan menghasilakan hal yang lebih baik.

    Walaupun ini kedengarannya klasik, tetapi banyak orang yang lupa akan hal ini. Mereka mengira dengan sikap dan perbuatan yang “self-centered”, tujuan mereka akan lebih mudah dicapai. Banyak kenyataan yang menunjukkan keterbalikan.

  2. Pika says:

    tambahan untuk jari yang paling ujung dunk,,,
    jari kelingking,,
    bukannya dia bisa membuat jajni jika di kaitkan dengan kelingking orang lain??
    hehehe,,,
    cerita nya bagus,,
    baru baca sekarang,,
    trims yo..

Leave a Reply

