Buku Anak Mahal Sekali!

31349.jpgKemarin Minggu 8 April 2007 saya seperti biasa menghabiskan waktu di Mall bersama keluarga. Setiap pergi ke mall selalu saja shopping baju, sepatu, pokoknya shopping! Itu tujuan paling utama. Yang kedua, setiap ke mall selalu pergi ke toko buku. Gramedia, Gunung Agung ( Sekarang TGA ), Trimedia, dll. Kemarin saya pergi ke Trimedia di Supermall Pakuwon Indah.

Hunting pertama saya saat memasuki toko buku pasti novel yang bergenre metropop atau chick lit atau agak berat sedikit lah agak sastra gitu. Tapi karena kemarin saya mengantar adik saya yang berumur 6 tahun ( baru datang dari desa Madura ke Surabaya ) maka saya langsung kebagian anak-anak. Novel yang saya cari dan incar bukan lagi menajdi prioritas utama. Saya terlalu larut dalam memilih-milih buku anak-anak yang lucu. Sempat saya baca-baca sebentar dan kembali teringat masa kecil. Saya ingin membeli buku itu ( maaf lupa judulnya) tapi begitu saya balik bukunya untuk mencari harga. ASTAGA! Rp.100.000,-.

Tak terbayangkan rasanya buku anak-anak sebegitu mahalnya. Itu buku keluaran luar negri. Desain yang bagus, gambarnya lucu alur cerita dalam bahasa Inggris pun cukup bisa dimengerti untuk anak-anak yang mulai belajar Inggris. tak patah semangat aku beralih mencari buku keluaran Indonesia. Lucu-lucu dan kualitas cerita tak kalah dengan pengarang luar negri. Tapi tetap saja harganya mahal Rp 20.000-Rp.30.000. Kenapa mahal? Karena bukunya kecil, halamannya tipis tetapi berwana semua. Rasanya nggak sesuai dengan barang yang dijual. Tapi karena adikku suka ya akhirnya aku beli beberapa dan berusaha mencari yang murah, mendidik, dan bagus.

Memang saya tahu di Surabaya ada Toko buku lain yang menjual dengan harga miring misalnya Uranus, Toga Mas, Toko Buku Manyar, dll. Tapi buat saya itu tidak sebanding dengan apa yang anak-anak ingin pelajari.

Saya menjadi ingat masa-masa lalu ketika Indonesia masih di jajah Belanda dan berada pada jaman kolonialisme, ketika pendidikan hanya untuk orang-orang kaya dan beruang. Asal ada uang ya orang itulah pantas dan berhak untuk mendapatkan pendidikan. Sekarangpun seperti itu. Saya membayangkan bagaimana nasib bangsa kita kedepannya kalau harga buku untuk anak kecil saja sudah melambung tinggi seperti itu? Apalagi diiringi dengan minat baca yang tidak terlalu tinggi. Lantas hasil SDM Indonesia akan seperti apa? Kalau sekarang harga buku sudah sedemikian mahalnya, ketika saya mempunyai anak nanti apakah lebih mahal dari sekarang atau buku ( fisik) sudah bukan jamannya lagi.

One thought on “Buku Anak Mahal Sekali!

Leave a Reply

