300

Film 300Malam Minggu kemarin aku habis nonton film 300, agak terlambat sih nontonnya.  Masalahnya setelah bersabar 2 mingguan untuk dapat tiket akhirnya baru kemarin itu dapet tiket yang tidak duduk di depan. Karena semenjak awal diputar tiketnya selalu sold out

Kalau dibandingkan dengan film perang lainnya 300 tidak punya alur cerita yang special. Tapi kalau kita lihat film ini, banyak darah yang rasanya tidak berharga. Aku sampai agak jijik ngeliatnya. Tapi  film ini ngena banget buat kamu yang mencari film yang menampilkan fokus tentang kepemimpinan.

Film ini adalah film baru yang merajaiku sekarang ini. Leonidas karakter utama di film ini benar-benar membuktikan dia raja sejati dan tidak gentar terhadap apapun. Sebagai anak yang terlahir Di Sparta apalagi anak lelaki harus mengikuti ritual Agego. Ritual wajib untuk anak kelahiran Sparta umur 9 tahun di lepas dialam. Kalau dia berhasil atas tes itu maka dia akan menjadi prajurit Sparta.

Hanya untuk mempertahankan Spartanya, Leonidas berani mempertaruhkan nyawanya dan menantang raja Persia, Xerxes. Saat itu Persia mempunyai prajurit yang paling ditakuti dan merupakan kerajaan penguasa dunia. Tanpa gentar Leonidas maju kemedan perang dengan bermodal hanya 300 orang prajurit yang benar2 memiliki mental prajurit.  Saya tidak bisa menggambarkan dengan kata-kata bagaiman action perang yang luar biasa terjadi di film ini. Jadi nonton aja sendiri!

Buat aku Leonidas merupakan raja sejati. Memang tidak banyak orang sekarang yang tahu akan perjuangannya. Dengan startegi yang jitu prajurit Persia berhasil dia kalahkan. Namun sayang karena adanya penghiatan maka akhirnya dia dikepung oleh tentara lawan. Namun lagi2 jiwa kepemimpinannya mucul secara luar biasa. Dia memastikan dan tetap membuat anak buahnya tetap percaya bahwa mereka pasti bisa menang walau kenyataannya mereka pasti akan kalah. Namun dia akhirnya mati secara terhormat. Astaga aku melihat kematiannya sampai merinding! Dia hanya butuh pengakuan dan butuh untuk diingat perjuangannya oleh rakyat Sparta. Akhirnya apa yang dia harapkan terjadi. 1 tahun kemudian prajurit Sparta yang kuat membalas kematian rajanya terhadap Persia dan menang.

Sisi lain cerita ini adalah ratunya yang luar biasa bijaksana untuk ukuran wanita jaman itu yang tertindas karena gender. Korupsi dan penghianatan juga menjadi penghias film ini. Namun jalan ceritanya biasa aja sih.

Kamu penasaran, nonton aja deh!!! Keren!!

2 thoughts on “300

  1. Beni Bevly says:

    Benar seperti yang dikatan Evelyn, bahwa film ini mempunyai pesan heriok dan sifat kepemimpinan yang kuat. Di sisi lain, aku melihat Leonidas, raja Sparta lebih banyak menggunakan kekuatan otot dari pada otak.

    Memang dia tidak bisa mengirim pasukan dalam jumlah yang besar untuk menghalau pasukan Persia yang jumlahnya puluhan ribu iru karena parlemennya tidak mengijinkan. Sesampainya di medan perang, siasat yang dipakai adalah menghalau tentara musuh secara fisik. Mereka tidak banyak menggunakan strategi seperti memperdayakan keadaan alam yang menguntungkan bagi mereka (jurang yang tinggi, lorong yang sempit dan batu-batuan). Mereka cenderung hanya memotong “ekor harimau” ketimbang menikam “hati” atau menusuk “mata-nya.”

    Jika anda sudah membaca cerita Sam Kok dan menonton Troy, film ini hanya menjadi parade 300 lelaki berotot yang bermandikan darah.

  2. evelyn pratiwi yusuf says:

    Ya memang saya akui film ini mempertontonkan parade 300 lelaki berotot. Tapi Leonidas merupakan raja yang patut dicontoh, karena tak gentar sama sekali meski kadang dia rasakan ketakuatan. Tapi dia berani menghantarkan kepalanya sendiri kelubang maut demi negaranya tanpa harus menunggu si singgasananya ketika para prajuritnya sudah banyak kalah. Thanks 4 your comment.
    AKu punya bukunya Sam Kok tapi malah untuk baca. 4 edisi kalau tidak salah dengan tebal halaman yang luar biasa.
    Buat Troy aku sudah lihat pastinya. APalagi ada Bradpit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s